Singgung soal Peningkatan PDB per Kapita, Eks Mendag Lutfi: Jangan Jual Suara ke Loket yang Salah

Minggu, 09 Juli 2023 - 21:10 WIB
loading...
Singgung soal Peningkatan PDB per Kapita, Eks Mendag Lutfi: Jangan Jual Suara ke Loket yang Salah
Eks Mendag M. Lutfi mengatakan ungkap tantangan yang dihadapi Gen Z. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Perkumpulan Generasi Z CentenialZ sukses menggelar Festival Gen Z 2023 yang dilaksanakan di MNC Conference Hall, Sabtu (8/7/2023). Chairman CentennialZ Dinno Ardiansyah menyampaikan bahwa digelarnya acara ini merupakan momentum kebangkitan generasi Z untuk naik kelas.



Dinno menyebutkan ada tiga fokus isu yang menjadi tantangan generasi Z saat ini. Ketiga isu ini menyangkut biaya hidup yang tinggi, akses penunjang karier yang terbatas, serta permasalahan tentang kesenjangan atau kemiskinan.

Selain soal pemberdayaan generasi Z, dalam rangkaian acara Festival Gen Z, Dinno juga menyinggung soal pemilu yang sudah di depan mata. Dia menegaskan bahwa generasi Z harus menjadi bagian dari Pemilu 2024 dengan rasional dan melawan politik uang.

“Suara Gen Z tidak bisa dibeli. Oleh sebab itu, siapa pun kontestan pemilu nanti, harus menggunakan pendekatan politik rasional,” ujar Dinno.

Sementara itu, Menteri Perdagangan periode 2020-2022 Muhammad Lutfi ikut menegaskan bahwa tantangan dan PR bangsa Indonesia saat ini cukup banyak. Salah satunya harus meningkatkan tiga kali lipat PDB per kapita menjadi 12.500 sebelum bonus demografi habis.

Menurut pria yang juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat dan Kepala BKPM ini, satu-satunya cara untuk menjawab persoalan ekonomi ke depan adalah jangan sampai menjual suara pada loket yang salah saat momentum pesta demokrasi Indonesia 2024 mendatang.

“Bonus demografi negara kita akan habis tahun 2038 sampai 2040. Apa yang harus kita kerjakan? Hanya ada satu, yang Dinno bilang tadi, jangan jual suara. Sekali lagi ya untuk generasi Z sekalian, jangan jual suara kalian kepada loket yang salah,” katanya.

Di tempat yang sama, Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Hasan juga menyampaikan pesan senada untuk ribuan generasi Z yang hadir. Mengutip almarhum sang kakek, K.H. Ali Yafie, Arief menyampaikan anak muda harus tahu diri dan bisa membawa diri.

“Teman-teman harus tahu posisi dan bagaimana memaksimalkan apa yang teman-teman miliki. Ditambah lagi kata Bang Lutfi bahwa suara generasi Z tidak boleh dijual ke loket yang salah,” ucap Arief Rosyid Hasan yang juga merupakan Tim Pokja Pelayanan Kepemudaan Nasional.



Festival Gen Z 2023 yang diselenggarakan oleh CentennialZ menjadi ajang bagi generasi Z untuk memperlihatkan potensi, kreativitas, dan gagasan mereka. Dalam acara tersebut hadir Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Dirjen Imigrasi Silmy Karim, Politisi serta Ketua Umum PSSI 2019-2023 Iwan Bule, Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Hasan, Chairman ASEAN Young Entrepreneurship Association Bagas Adhadirga, politisi muda Rahayu Saraswati, Tsamara Amany, Najmi Mumtaza, dan Manik Marganamahendra.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)