Harta Kakak Beradik Ini Tembus Rp773 Triliun, Siapa Paling Kaya?

Senin, 10 Juli 2023 - 13:07 WIB
loading...
Harta Kakak Beradik Ini Tembus Rp773 Triliun, Siapa Paling Kaya?
Perbandingan harta kekayaan kakak beradik Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Harta kekayaan kakak beradik Hartono bersaudara mencapai USD51 miliar atau setara Rp773 triliun. Mereka kembali menduduki peringkat pertama orang terkaya di Indonesia.

Sepanjang 2021, jumlah kekayaan keduanya terus meningkat. Namun, jika dirinci, harta kekayaan R Budi Hartono dan kakaknya Michael Bambang Hartono ternyata tidaklah sama. Perbandingan kekayaan Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, lantas siapa yang paling kaya?

Mengutip Forbes Real Time Billionaires, Sabtu (8/7/2023), Hartono bersaudara masuk ke dalam 65 orang terkaya di dunia. Robert Hartono ternyata lebih kaya dibandingkan sang kakak.



Robert Budi Hartono kini menempati posisi ke-59 orang terkaya di dunia. Ia memiliki kekayaan sebanyak 26,1 miliar dolar atau setara dengan Rp 395,72 triliun. Sementara itu, Michael Bambang Hartono di urutan ke 63 dalam daftar orang terkaya di dunia. Ia tercatat mempunyai harta mencapai 24,9 miliar dolar AS atau jika dirupiahkan mencapai Rp 377,52 triliun.

Sumber kekayaan mereka tidak hanya berasal dari satu bisnis tunggal saja. Keduanya mendulang pundi-pundi rupiah yang berasal dari berbagai bisnis yang mereka jalankan. Baik Robert Budi Hartono maupun Michael Bambang Hartono dikenal sebagai pemilik Djarum. Perusahaan tersebut saat ini tengah membawahi berbagai lini bisnis melalui Djarum Group.

Djarum sendiri merupakan sebuah perusahaan rokok asal Indonesia yang didirikan oleh Oei Wie Gwan, yang tak lain adalah ayah dari kedua konglomerat tersebut. Salah satu anak perusahaan dibawah naungan Djarum Group yaitu Bank Swasta terbesar di Indonesia saat ini, yakni Bank Central Asia (BCA).

Mereka berhasil mengakuisisi BCA dari kepemilikan Sudono Salim saat krisis moneter pada tahun 1998 lalu. Orang terkaya di Indonesia itu masih memiliki banyak bisnis yang dinaungi dalam payung Djarum Group. Grand Indonesia yang dikelola PT Grand Indonesia merupakan salah satu unit bisnis Hartono bersaudara.



Selain itu, ada bisnis lain yang dikelola kakak adik ini, yaitu bisnis elektronik dengan merek Polytron. Merek tersebut kini sudah memproduksi banyak produk elektronik seperti AC, kulkas, televisi hingga handphone.

Kemudian, keduanya juga mempunyai perkebunan kelapa sawit yang sangat luas. Hartono bersaudara ini diketahui memiliki 65.000 hektare (ha) lahan sawit yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Mereka juga kini diketahui telah menambah anak bisnisnya di bidang e-commerce Global Digital Niaga dan Media Kaskus. Kedua bidang tersebut ditempatkan oleh Hartono bersaudara di bawah naungan Ventures Global Digital Prima.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)