Industri Air Minum Dalam Kemasan Diprediksi Tumbuh 3-4% pada Semester I 2023

Senin, 10 Juli 2023 - 16:21 WIB
loading...
Industri Air Minum Dalam Kemasan Diprediksi Tumbuh 3-4% pada Semester I 2023
Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) memperkirakan industri air minum dalam kemasan (AMDK) akan mencapai pertumbuhan di kisaran 3-4% pada Semester I 2023. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan ( Aspadin ) memperkirakan industri air minum dalam kemasan (AMDK) akan mencapai pertumbuhan di kisaran 3-4% pada Semester I 2023. Hingga akhir tahun ini produksi AMDK , bahkan bisa mencapai lebih dari 30 miliar liter.

“Perkiraan saya untuk Semester I 2023 ini pertumbuhan sekitar 3 sampai 4 persen. Kalau proyeksi tahun ini, kita bahkan bisa tumbuh hingga sekitar 6 persen,” ujar Ketua Umum Aspadin, Rachmat Hidayat di Jakarta, Senin (10/7/2023).



Dia mengatakan, sejak status pandemi berangsur dicabut sejak tahun lalu, penjualan AMDK bergerak naik signifikan. Masyarakat diperbolehkan lagi melakukan kegiatan di luar rumah serta berkumpul. Sejak itu menurutnya, konsumsi AMDK terutama yang kemasan botol serta cup perlahan naik signifikan.

“Harapan kita, kalau situasi dan kondisi serta kebijakan pemerintah tetap kondusif, hingga akhir tahun ini produksi AMDK bisa mencapai lebih dari 30 miliar liter. Investasi baru ataupun perluasan investasi di AMDK juga sudah mulai tumbuh Kembali,” katanya.



Kenaikan penjualan AMDK ini dirasakan para agen AMDK dan toko-toko grosir sembako yang juga menjual AMDK. Erik, pemilik agen AMDK berbagai merek baik kemasan gelas, botol, dan galon di Bekasi, mengaku mengalami kenaikan penjualan AMDK sekitar 4-5% dari Januari hingga Juni tahun ini.

“Penjualan AMDK mulai naik lagi terutama untuk kemasan gelas dan botol. Kalau kemasan galon dari dulu memang mengalami kenaikan signifikan,” ujarnya.

Hal serupa dialami Anton, agen AMDK di wilayah Tangsel. Menurutnya, penjualan AMDK di tempatnya naik sekitar 4% pada Semester I tahun ini. “Saya hanya menjual galon guna ulang saja. Hingga Juni tahun ini, penjualan saya kira-kira ada kenaikan sebesar 4 persen,” tukasnya.

Sementara itu Muhamad Royan, pemilik toko grosir dan eceran AMDK galon guna ulang di daerah Karang Tengah Ciledug, juga mengatakan, ada kenaikan penjualan AMDK sekitar 3-4% selama 6 bulan tahun ini. “Penjualan AMDK kita sekitar 3-4 persen dari Januari sampai Juni 2023 ini,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)