Turunkan Kemiskinan, Ganjar Dorong SDM Terampil dan Berdaya Saing

Selasa, 11 Juli 2023 - 08:30 WIB
loading...
Turunkan Kemiskinan, Ganjar Dorong SDM Terampil dan Berdaya Saing
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan SMK Arrohmaniyah, di Desa Kanoman, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Senin (10/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
REMBANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendorong generasi terampil dan berdaya saing dalam upaya menurunkan kemiskinan. Hal itu diwujudkan dengan melegalisasi dengan mengeluarkan izin operasional SMK Arrohmaniyah yang terletak di Desa Kanoman, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Senin (10/7/2023).

Sekolah gratis ini dapat menjadi salah satu pencetak lulusan-lulusan yang mahir, dan berkompeten di bidang IT dan Informatika. SMK Arrohmaniyah resmi beroperasi pada Jumat (7/7/2023).

"Kalau saya lihat menarik karena jurusannya terkait dengan informatika. Ini bisa untuk menyongsong masa depan meskipun tempatnya berada di tempat yang tidak dekat dengan kota," ujar Ganjar melalui pernyataannya, dikutip, Selasa (11/7/2023).



SMK tersebut didominasi warna hijau dan terdiri dari 3 lantai. Masing-masing ruang kelas dapat menampung 30 siswa dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Pihak sekolah dan yayasan Arrohmaniyah juga tidak memungut biaya sekolah sepeser pun alias gratis. Ganjar mengharapkan SMK Arrohmaniyah mampu mendorong perkembangan dunia pendidikan serta menjadi penyalur tenaga kerja ahli dengan keterampilan dan daya saing tinggi.

"Kelak akan muncul anak-anak yang punya keterampilan tinggi dalam ilmu IT dan kita harapkan mereka yang akan mengisi slot-slot pekerja yang expert. Jadi skill labor yang bisa didevelop dari daerah-daerah," kata Ganjar.



Lebih lanjut, lahirnya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul mampu menurunkan kemiskinan di Jateng didorong meningkatnya taraf hidup dan perekonomian.

"Kalau mereka punya keterampilan yang bagus, pengetahuan yang bagus, bisa kerja di tempat yang bagus, pasti penghasilannya juga bagus. Otomatis, kemiskinan juga akan berkurang," tutur Ganjar.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)