Membincangkan Valuasi Startup dan Tren Keberlanjutan di tengah Tantangan Global

Rabu, 12 Juli 2023 - 17:24 WIB
loading...
Membincangkan Valuasi Startup dan Tren Keberlanjutan di tengah Tantangan Global
Crowe Indonesia menggelar acara yang mendiskusikan startup. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pada 11 sampai 13 Juli 2023, Crowe Indonesia menyelenggarakan Global Corporate Advisory Summit di Jakarta. Salah satu sesi dari rangkaian acara ini adalah "An Afternoon with Crowe", yang mendiskusikan tren valuasi startup , dan praktik pelaporan ESG (environment, social, and governance) yang merupakan isu penting ekonomi global di masa depan.



Summit ini diikuti oleh kurang lebih 30 delegasi dari 15 negara, yang berasal dari China, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Nepal, Vietnam, Malaysia, Singapura, Indonesia, Australia, Selandia Baru, India, Mauritius, dan Spanyol.

Gary McLoughlin, pakar Crowe Global, mengungkap valuasi startup semakin penting, terutama pada era tech winter saat ini, yang diwarnai dengan berakhirnya fase ‘easy money’ dan adanya fenomena koreksi pasar yang signifikan terkait nilai dari startup.

"Pentingnya memahami adopsi metodologi valuasi terkini di tengah tantangan pasar keuangan global," kata Gary, dalam keterangannya, Rabu (12/7/2023).

Sementara itu Luis Piacenza, pakar ESG dari Crowe Global, menyatakan adanya tren dan peran ESG dalam standar pelaporan keuangan dan investasi lintas negara. Menurut Luis, aspek due diligence (uji tuntas) ESG dan keberlanjutan korporasi merupakan komponen integral dari praktik bisnis dalam konteks global.

"ESG ditekankan sebagai isu yang krusial bagi pertumbuhan bisnis dan dalam menjaga harmoni bagi masyarakat serta memastikan keberlanjutan lingkungan," jelas Luis.

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK 2017 – 2022 dan Chairman & CEO of Global Risk Advisory and Consulting Crowe Indonesia, menegaskan komitmen pihaknya selalu proaktif dalam merespons tantangan global di masa depan melalui kolaborasi dengan Crowe Global dan anggota Crowe Global di seluruh dunia. Melalui inovasi berkelanjutan dalam praktik valuasi dan ESG, Wimboh menekankan dedikasi Crowe Indonesia dalam membantu klien untuk membuat smart decision yang dapat menciptakan lasting value bagi klien.

"Pada akhirnya, Crowe Indonesia bertujuan untuk terus berkontribusi menemukan solusi atas tantangan global di masa depan, seperti keberlanjutan bisnis, ketahanan dan stabilitas ekonomi, serta kehidupan harmonis sebagai bagian dari komunitas global," tandas Wimboh.

Yuen Lok Mok, Regional Executive Director Crowe Asia Pasifik, sebagai co-host, menyatakan kegembiraannya atas acara tersebut. Menurut Yuen, firma anggota Crowe Global terus berkolaborasi untuk menghasilkan solusi bagi komunitas bisnis secara global.



"Pendekatan proaktif sangat diharapkan oleh klien kami, seiring dengan perkembangan regional serta inovasi yang memungkinkan kolaborasi di kalangan penyedia layanan profesional yang berkualitas,” pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2791 seconds (0.1#10.140)