VKTR Bareng ITB Kolaborasi Desain Bus dan Truk Listrik

Jum'at, 14 Juli 2023 - 14:00 WIB
loading...
VKTR Bareng ITB Kolaborasi Desain Bus dan Truk Listrik
VKTR membuka House of Design di Gedung Science and Techno Park (STP) Ganesha, Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR), perusahaan kendaraan listrik milik Grup Bakrie, terus memperlebar jangkauan bisnisnya usai menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham. VKTR membuka House of Design di Gedung Science and Techno Park (STP) Ganesha, Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023).

Direktur Utama VKTR Gilarsi W Setijono dan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB Muhamad Abduh menandatangani langsung perjanjian kerja sama tersebut.



Menurut Gilarsi, kendaraan listrik terutama bus dan truk listrik merupakan bagian dari tren masa depan yang menuju ramah lingkungan. Adapun desain modern, dinamis, dan futuristik diperlukan sambil tetap memperhatikan aspek keselamatan dan kenyamanan. "Kami yakin bersama ITB, kami mampu mewujudkannya," ucap Gilarsi.

Sebab itu, persiapan dan riset matang serta komunikasi intensif bersama berbagai pihak termasuk karoseri dibutuhkan untuk mendesain bus dan truk listrik. Sebagai contoh, bus listrik memiliki baterai dengan bobot yang lebih berat, sehingga desainnya harus disesuaikan kebutuhan karoseri dalam membangun bodi kendaraan.

Sebelum menggandeng ITB, VKTR juga telah mngembangkan fasilitas pabrik perakitan unit bus dan truk listrik di Magelang, Jawa Tengah. Fasilitas produksi tersebut merupakan hasil kerja sama antara VKTR dan Tri Sakti melalui perusahaan patungan PT VKTR Sakti Industries.

"Kami berharap House of Design ini dapat menghasilkan desain yang bukan saja bernilai estetik, tetapi juga mengadopsi teknologi aerodinamis tingkat tinggi agar bodi kendaraan yang dihasilkan dapat menghemat energi," papar Gilarsi.

Perlu diketahui, House of Design merupakan co-working space antara VKTR dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Tim yang terlibat di proyek ini terdiri atas para alumni FSRD ITB yang berpengalaman di teknik desain kendaraan listrik. Selain itu, lembaga tersebut juga bakal menjadi laboratorium bagi mahasiswa jurusan terkait di FSRD ITB.



Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB Muhamad Abduh merespons positif baik kerja sama ini. Dia mengaku bersyukur dapat berkontribusi dan ambil bagian dalam rangkaian proyek kendaraan masa depan.

"Ini merupakan sumbangsih kami bagi Indonesia. Sebagai institusi pendidikan terkemuka di Tanah Air, kami berkomitmen mendukung upaya pemerintah mencapai target peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia," ujar Abduh.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2217 seconds (0.1#10.140)