Bukan China, Ini Profil BCG Konsultan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Senin, 17 Juli 2023 - 20:24 WIB
loading...
Bukan China, Ini Profil BCG Konsultan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Pemerintah secara resmi menunjuk Boston Consulting Group (BCG) sebagai konsultan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah secara resmi menunjuk Boston Consulting Group (BCG) sebagai konsultan untuk mengkaji proposal yang diajukan China dan Jepang terkait proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Ditunjuknya konsultan asal Amerika Serikat (AS) ini lantaran sudah berpengalaman dalam sejumlah proyek kereta cepat di berbagai negara. Selain itu, BCG juga telah mengembangkan dan mempopulerkan analisis portofolio bisnis yang disebut dengan matriks BCG.

Profil Boston Consulting Group (BCG)

Boston Consulting Group adalah sebuah biro konsultasi manajemen asal Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1963 oleh Bruce Henderson sebagai Divisi Manajemen dan Konsultansi dari The Boston Safe Deposit and Trust Company. Henderson direkrut dari Arthur D. Little untuk mendirikan divisi tersebut.

Pada mulanya divisi konsultan tersebut hanya memberi nasihat pada klien yang berbentuk bank, dengan tagihan bulanan pertama hanya sebesar USD500. Henderson kemudian memperbesar BCG dengan merekrut konsultan baru, yakni Arthur P. Contras pada Desember 1963.



Setelah merekrut dan merombak BCG menjadi tim konsultan yang lebih kuat, divisinya pun mulai berkembang pesat. Pada tahun 1966, BCG berhasil membuka kantor kedua di Tokyo, Jepang.

Pada tahun 1967, Henderson bertemu dengan Bill Bain dan menawarinya sebuah jabatan di perusahaannya. Bain pun setuju dan resmi bergabung BCG pada tahun 1967 dengan gaji awal sebesar USD17.000 per tahun.

Sebagai seorang pencetus, Henderson pun berencana ingin memiliki sebagian besar saham pegawai BCG, agar para pegawainya dapat terpisah dari The Boston Safe Deposit and Trust Company. Pembelian pun rampung pada tahun 1979.



Atas kerja keras Henderson dan penerusnya, pada tahun 2019 BCG menempati peringkat kesepuluh dalam daftar 100 Tempat Kerja Terbaik yang disusun oleh Fortune. Selain itu, Majalah Working Mother juga mengakui BCG sebagai salah satu dari 100 tempat kerja terbaik pada tahun 2019 untuk tiga belas tahun berturut-turut, dengan alasan adanya penekanan pada kebijakan cuti keluarga dan opsi kerja yang fleksibel.

Lebih dari itu, BCG juga diakui sebagai tempat kerja terbaik untuk pria pada tahun 2019 dan terbaik untuk wanita menurut NAFE pada tahun 2020. Namun, berdasarkan data Human Rights Campaign, BCG juga diakui sebagai salah satu tempat kerja terbaik untuk LGBT pada tahun 2020.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)