Program TJSL BUMN dalam Rangka Sumbangsih Perusahaan kepada Masyarakat

Senin, 17 Juli 2023 - 18:52 WIB
loading...
Program TJSL BUMN dalam Rangka Sumbangsih Perusahaan kepada Masyarakat
Program TJSL BUMN berupa donor darah bisa menjadi sumbangsih perusahaan kepada masyarakat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahun yang ke-42, PT Rekayasa Industri (Rekind) menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta dan Puskemas Pancoran, Jakarta Selatan, untuk menggelar kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan. Kegiatan yang merupakan perwujudan dari program tanggung jawab sosial lingkungan ( TJSL ) BUMN dan health safety and environment (HSE) Rekind itu diikuti 156 karyawan.



“Semua kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke 42 Rekind, yang mengedepankan kegiatan TJSL sebagai salah satu program utama Kementerian BUMN, sekaligus bentuk sumbangsih perusahaan milik negara kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan cara kami untuk lebih mengkampanyekan kesadaran seluruh karyawan Rekind akan pentingnya gaya hidup sehat,” ujar Yusairi, Direktur Operasi & Teknologi/Pengembangan Rekind usai mengikuti kegiatan di Gedung ROB II Lantai 1, Kantor Pusat Rekind, dikutip Senin (17/7/2023).

Pria yang dikenal gemar berolahraga ini meyakini, donor darah dan pemeriksaan kesehatan memiliki implikasi postif, tidak hanya bagi masyarakat, tapi juga kepada karyawan. "Selain memperlancar aliran darah dan menjaga kondisi jantung, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk seruan kepada karyawan untuk lebih mengedepankan kebiasaan hidup sehat dan punya kepekaan atau empati sosial,” tandas Yusairi.

Dalam pelaksanaan kegatan Donor Darah, dari 84 orang yang mendaftar, 74 orang di antaranya dinyatakan berhasil untuk mengikuti kegiatan donasi. Sementara 10 orang lainnya dinyatakan gugur karena tidak lolos dalam pengecekan kesehatan. Mereka yang tidak lolos diarahkan untuk bergabung bersama 72 karyawan lainnya guna ikut pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan tersebut berupa VCT (Voluntary Counseling and Testing) HIV/AIDS, merupakan rangkaian pemeriksaan untuk mengetahui apakah karyawan positif atau negatif mengidap HIV/AIDS. Pemeriksaannya pun bersifat rahasia dan sukarela. Artinya, keputusan untuk menjalankan pemeriksaan adalah pilihan.

“VCT HIV/AIDS juga bertujuan khusus untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dan menyingkirkan stigma negatif serta diskiriminasi terhadap orang yang terdiagnosis HIV AIDS. Di sisi lain, upaya ini juga sebagai pemenuhan atas peraturan pemerintah tentang pencegahan dan pengendalian HIV AIDS di tempat kerja,” ujar dr. Afrionaldi, dokter internal dan Tim Support HSE Rekind.

Dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan yang diprakarsai Divisi Comdev & TJSL, HSE Rekind dan Puskesmas Pancoran itu juga melaksanakan penelaahan dahak dengan TCM (Tes Cepat Molekuler) untuk TBC. TCM merupakan alat yang mampu menggantikan tes diagnostik TB melalui mikroskop.

Kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan ini sudah sesuai dengan prinsip-prinsip yang harus dikedepankan dalam TJSL. "Melalui aktivitas donor dan pemeriksaan kesehatan mampu memberikan manfaat besar baik untuk karyawan Rekind maupun saudara-saudara kita yang membutuhkan,” terang VP Comdev & TJSL Rekind Herman Susatyo.

Terkait kondisi kesehatan pekerja, selain pemeriksaan kesehatan, Rekind juga mewajibkan seluruh karyawan, baik yang di proyek maupun di kantor pusat, untuk melakukan kegiatan medical check up setiap tahunnya. Upaya ini dilakukan untuk mengetahui status kesehatan karyawan, sekaligus untuk mengantisipasi penyakit serius di kemudian hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)