Sri Mulyani Antisipasi Dampak Kebijakan Ekonomi Donald Trump

Kamis, 10 November 2016 - 21:37 WIB
Sri Mulyani Antisipasi Dampak Kebijakan Ekonomi Donald Trump
Sri Mulyani Antisipasi Dampak Kebijakan Ekonomi Donald Trump
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah akan terus memantau dan mengantisipasi dampak kebijakan ekonomi Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump. Mengingat, kebijakan apapun yang dikeluarkan Negeri Paman Sam akan berdampak pada kondisi global.

Dari berbagai pernyataan Donald Trump di masa kampanye lalu,‎ kata Menkeu, beberapa diantaranya akan memengaruhi kondisi perekonomian dunia. Pertama, pandangan Presiden AS terpilih soal kebijakan perdagangan internasional.

"Karena suka atau tidak suka, AS merupakan pasar terbesar dunia, tentu kebijakan perdagangan yang dilakukan apakah itu terkait TPP dan perdagangannya, seperti hubungan AS dan China tentu akan mempengaruhi seluruh dunia," katanya di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Selain itu, sambung mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, kebijakan Donald Trump terhadap negara Asia seperti China, Jepang dan Korea Selatan baik dalam hal perdagangan, investasi, dan keamanan juga akan menjadi perhatian pemerintah. "Kita akan melihat itu sebagai sesuatu yang harus terus dipantau pengaruhnya langsung dan tidak langsung," imbuh dia.

Baca: Ini Kebijakan Ekonomi Donald Trump

Sri Mulyani melanjutkan, pandangan Presiden dari Partai Republik ini mengenai isu perubahan iklim (climate change) juga akan memengaruhi kondisi global. Karena, AS merupakan negara terbesar satu-satunya yang sangat terlambat dalam mengakui dan mengikuti komitmen perubahan iklim.

"‎Indonesia sebagai negara yang terkena akibat perubahan iklim dan komitmen semua negara untuk pengaruhi climate change, akan sangat mempengaruhi komitmen global untuk menghadapi climate change," tuturnya.

Selanjutnya, tambah dia, posisi Presiden baru AS terhadap kebijakan moneter bank Sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve) juga menjadi perhatian utama. Sebab, kebijakan The Fed tidak hanya akan memengaruhi negara tersebut juga kepada seluruh negara di dunia.

"‎Jadi bagaimana ini memengaruhi rencana dari The Fed untuk melakukan kebijakan moneter mereka, dari yang selama ini dikomunikasikan tentu akan mempengaruhi sentimen. Jadi lihat beberapa aspek yang pengaruhi secara langsung dan tidak langsung terhadap kondisi market global," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1248 seconds (0.1#10.140)