Ada Seribuan Pelabuhan Tikus Jadi Ladang Penyelundupan, Luhut: Itu yang Kita Tobat-tobat

Selasa, 18 Juli 2023 - 11:39 WIB
loading...
Ada Seribuan Pelabuhan Tikus Jadi Ladang Penyelundupan, Luhut: Itu yang Kita Tobat-tobat
Menko Luhut menyatakan digitalisasi pelabuhan terus dilakukan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah terus mengupayakan adanya sistem pelabuhan yang transparan melalui program digitalisasi. Namun menurut Luhut, upaya tersebut masih menemui masalah lantaran banyaknya pelabuhan tikus yang menjadi ladang penyelundupan.



Situasi itu yang membuat negara banyak mengalami kerugian hingga triliunan rupiah. Dia menyebutkan pelabuhan tikus di Indonesia mencapai seribuan lokasi.

"Yang menjadi masalah kita jumlah pelabuhan banyak sekali. Kita memang ada target 34 pelabuhan yang mau kita perbaiki dan itu sekarang bagus," katanya dalam acara Bincang Stranas PK, Selasa (18/7/2023).

"Tapi kita kalo dilihat dengan pelabuhan kecil tempat penyelundupan, itu yang (bikin) kita tobat-tobat. Ada seribu sekian pelabuhan lain. Saya juga pusing lihat itu pelabuhan tikus," tambahnya.

Luhut mengatakan saat ini pemerintah Indonesia sudah membentuk Satgas Laut yang terdiri dari sejumlah lembaga dan kementerian untuk mengurangi adany pelabuhan tikus di Indonesia. Luhut menyatakan saat ini kegiatan penyelundupan sudah mengalami penurunan yang drastis.



"Kita sudah mulai batasi dan sangat berkurang dengan signifikan dan seluruh kegiatan itu, KPK terlibat," katanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)