Reksa Dana Pasar Uang Tempat Kece Buat Dana Darurat

Selasa, 18 Juli 2023 - 14:22 WIB
loading...
Reksa Dana Pasar Uang Tempat Kece Buat Dana Darurat
Reksa dana dapat memberikan kesempatan bagi pemodal kecil untuk memulai investasi. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Setiap individu pasti menginginkan kesejahteraan hidup dalam segala aspek, termasuk finansial yang stabil (financial stable). Kesejahteraan finansial dapat direncanakan sejak dini untuk menghindari seseorang terjerat utang piutang. Salah satu rencana finansial yang tepat adalah dengan mempersiapkan dana darurat.

Dana darurat merupakan dana yang disiapkan untuk mengantisipasi keadaan darurat dan umumnya dibutuhkan secara cepat. Di dalam piramida finansial, dana darurat merupakan tahap keamanan keuangan yang wajib dipenuhi oleh individu selain kebutuhan primer dan keamanan lain seperti asuransi jiwa maupun pendidikan.



Bagi individu yang telah berhasil memenuhi dana darurat, disarankan untuk memulai investasi dengan tujuan (financial goals). Investasi dianjurkan ketika individu sudah bisa memenuhi kebutuhan primer dan dana darurat. Salah satu bentuk investasi yang mudah diikuti oleh masyarakat adalah reksa dana.

Reksa dana merupakan wadah bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen investasi yang tersedia di pasar modal. Dana yang tersedia akan dikelola oleh manajer investasi. Reksa dana merupakan alternatif bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian menghitung risiko atas investasi mereka.



Investasi reksa dana memiliki beberapa kelebihan, yaitu minim risiko dan keuntungan yang kompetitif. Reksa dana juga dapat memberikan kesempatan bagi pemodal kecil untuk memulai investasi, kemudahan lainnya yang didapat yaitu keefisienan waktu. Reksa dana dikelola oleh manajer investasi, sehingga pemodal tidak perlu memantau kinerja investasinya.

Dana darurat saat ini dapat disimpan di reksa dana pasar uang karena mudah dicairkan. Adapun reksa dana pasar uang milik MNC Asset Management yakni MNC Dana Lancar mempunyai indikasi return sebesar 4,29% net p.a dan MNC Syariah Barokah yang mempunyai indikasi imbal hasil sebesar 3,98% net p.a berdasarkan NAB per tanggal 17 Juli 2023. Nasabah bisa membeli kedua reksa dana pasar uang tersebut via website motionfunds.id .
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)