Jumlah Penduduk IKN Diperkirakan Sama dengan Kota San Jose, Berapa Juta?

Selasa, 18 Juli 2023 - 18:37 WIB
loading...
Jumlah Penduduk IKN Diperkirakan Sama dengan Kota San Jose, Berapa Juta?
Pada 2045, penduduk di IKN diperkirakan sama Kota San Jose saat ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Staf Khusus Bidang Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) Badan Otorita Ibu Kota Nusantara ( IKN ), Diany Sadiawati mengatakan jumlah populasi di IKN bakal tembus 1,9 juta orang pada tahun 2045. Jumlah populasi itu akan bertambah secara bertahap seiring pembangunan yang sudah dimulai pada tahun ini hingga 2024 untuk pembangunan sekaligus pemindahan tahap awal.



Pada tahap awal ini para aparatur sipil negara (ASN), alias penyelenggaraan negara akan menjadi penghuni pertama di IKN.

"Tahun 2045, Nusantara diharapkan menjadi kota yang paling berkelanjutan di dunia dengan sekitar 1,9 juta warga yang berarti akan sama dengan jumlah penduduk San Jose, California pada saat ini," ujar Diany dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (18/7/2023).

Lebih lanjut, Diany menjelaskan, Nusantara bertekad akan menjadi kota pertama di dunia yang menerapkan sebagai kota hutan berkelanjutan. Dengan luas 256.000 hektare, 3 kali lebih luas dari Kota New York, hanya 25% luasan wilayah akan dikembangkan menjadi wilayah perkotaan sementara sisanya akan tetap menjadi area hijau, termasuk 65% luasan areanya akan menjadi hutan tropis yang sebelumnya adalah hutan tanaman industri.

Caranya adalah dengan program penghutanan kembali atau penanaman kembali di area tersebut dengan tanaman asli atau setempat. Karena menurutnya hutan berperan penting dalam penyerapan air, mengurangi potensi banjir and menyerap karbon disamping pertumbuhan populasi tersebut.

"Otorita IKN menegaskan komitmennya untuk menyelaraskan pembangunan sesuai dengan prinsip-prinsip SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan, “sambung Diany.



Terkait dengan misi Nusantara sebagai kota dunia yang menetapkan diri sebagai kota hutan berkelanjutan, pembangunan akan berfokus pada perlindungan hutan dan konservasi yang dikawal dengan perangkat aturan dan perencanaan penggunaan tanah.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)