BUMN Salurkan 142.552 PCR Kit, Terbanyak di RS Pertamina Jaya

Selasa, 28 Juli 2020 - 12:46 WIB
loading...
BUMN Salurkan 142.552 PCR Kit, Terbanyak di RS Pertamina Jaya
Penyaluran PCR Kit terbanyak dipasok ke RS Pertamina Jaya. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat hingga 26 Juli 2020 sebanyak 142.552 Polymerase Chain Reaction (PCR) Kit yang disalurkan ke sejumlah rumah sakit. Pemberian fasilitas kesehatan akan terus dilakukan sebagai bentuk implementasi peran BUMN dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, distribusi PCR paling banyak disalurkan ke Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) di kawasan, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. "Paling banyak didistribusikan itu di Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) Cempaka Putih, di mana ada satu mesin PCR yang cukup besar," ujar Kartika dalam webinar, Jakarta, Selasa (28/7/2020).



Kartika juga menguraikan bantuan yang disalurkan BUMN sebagai langkah kontribusi kepada masyarakat dan juga membantu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menanggulangi bencana kesehatan akibat pandemi Covid-19 di indonesia. Dalam bantuan itu, lanjut Kartika, harapannya Kemenkes dapat melakukan lebih banyak tes PCR yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

"Sehingga diharapkan dukungan kita kepada Kementerian Kesehatan maupun gugus tugas untuk memperluas jumlah masyarakat yang dites ini juga cukup signifikan," ujarnya.



Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan PT Bio Farma (Persero) agar dapat memproduksi 2 juta PCR kit per bulannya. Arahan itu karena klaim bahwa Bio Farma telah mampu memproduksi 50.000 PCR kit per minggu atau 200.000 kit per bulan. "Alhamdulilah kemarin bisa 50.000 per minggu, 200.000 per bulan, tapi nanti targetnya 2 juta per bulan," ujar Erick.

Erick menilai ada tiga poin penting dalam penanganan dan pengendalian pandemi di Indonesia yakni vaksin, obat, serta alat tes, dan dia ingin BUMN mampu menjadi pemimpin dalam membantu penyediaan ketiga hal tersebut.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)