Apresiasi atas Upaya Transformasi Human Capital Perusahaan

Sabtu, 22 Juli 2023 - 18:30 WIB
loading...
Apresiasi atas Upaya Transformasi Human Capital Perusahaan
Transformasi merupakan salah satu upaya menjaga keberlangsungan bisnis. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sejak 2020, Pos Indonesia terus berbenah melakukan program transformasi dan inovasi dalam tujuh bidang, yaitu business, product and channel, process, technology, human capital, organization dan culture. Upaya itu sebagai respons terhadap perubahan landscape bisnis menyongsong industri 5.0 dan usaha membentuk peruhaan logistik terkemuka.



Direktorat Human Capital Management, di bawah kepemimpinan Tonggo Marbun tak ketinggalan mendukung transformasi yang dilakukan dengan berperan sebagai business partner. Dalam proses transformasi di bidang human capital, manajemen telah memetakan fokus perbaikan dalam tiga aspek, yaitu human capital transformation untuk membangun sistem HC berbasis digital, strategy capacity planning untuk memastikan ketersediaan talent, dan digital talent untuk membangun kesiapan digital karyawan.

"Banyak program kerja unggulan yang telah banyak diimplementasikan selama dua tahun transformasi dijalankan, di antaranya membangun learning-development and knowledge management, impelementasi reward management and talent retention strategy serta digitalisasi layanan HC (HR Digitization and People Analytic)," kata Tonggo, dalam keterangannya, Sabtu (22/7/2023).

Apresiasi atas Upaya Transformasi Human Capital Perusahaan


Menurut Tonggo, learning-development and Knowledge Management yang sudah ada disempurnakan agar Pos Indonesia mampu menjadi high impact and adaptive learning organization. Perusahaan mengubah center of learning dari learning center perusahaan ke diri masing-masing karyawan, fokus untuk mengembangkan millennial and woman leader, membangun talent pool yang berisi talent-talent terbaik, melaksanakan reskilling dan upskilling sesuai dengan kebutuhan bisnis serta pemanfaatan teknologi untuk proses pembelajaran.

Perusahaan juga menerapkan reward management sebagai usaha membangun budaya berprestasi di antara karyawan sekaligus bentuk talent retention strategy. Di tahun 2023, performance based benefit yang telah diimplementasi adalah pemberian jasa produksi annually jika performa perusahaan mencapai target.

"Juga pemberian tunjangan kinerja quarterly kepada unit kerja-unit kerja terbaik, tunjangan khusus untuk Account Manager berprestasi monthly dan Best Performance Award quarterly," tambah Tonggo.

Berkat konsistensi yang ditunjukkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) untuk terus memperbaiki pengelolaan HC khususnya dalam meningkatkan kapabilitas HC dan memperhatikan well-being karyawan, SWA dan Lembaga Management FEB UI menganugerahkan penghargaan kepada Pos Indonesia dalam gelaran Human Resource (HR) Excellence Award 2023.



Dalam acara puncak HR Excellence Award 2023 yang mengambil tema “Humanizing The Work Experience", Pos Indonesia mendapatkan tiga penghargaan di kategori learning & development and knowledge management, reward management and talent retention strategy dan HR Digitization and People Analytic.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)