Wall Street Ditutup Reli Berkat AI, Nasdaq Pimpin Penguatan

Rabu, 26 Juli 2023 - 07:41 WIB
loading...
Wall Street Ditutup Reli Berkat AI, Nasdaq Pimpin Penguatan
Bursa saham AS Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Selasa (25/7/2023). FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Indeks Nasdaq yang padat teknologi ditutup lebih tinggi pada perdagangan Selasa (25/7/2023) waktu setempat, memimpin kenaikan Wall Street . Hal itu terjadi di tengah kegembiraan investor tentang teknologi AI mendorong pendapatan perusahaan Alphabet (GOOGL.O) dan Microsoft (MSFT.O).

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 26,83 poin, atau 0,08%, menjadi 35.438,07, S&P 500 (.SPX) naik 12,82 poin, atau 0,28%, menjadi 4.567,46 dan Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 85,69 poin, atau 0,61%, menjadi 14.144,56.

Baik Microsoft dan Alphabet telah meluncurkan serangkaian produk AI sejak OpenAI, yang didukung oleh Microsoft, merilis ChatGPT pada akhir tahun 2022. Investor berharap produk baru tersebut akan membantu raksasa teknologi mengimbangi perlambatan bisnis cloud mereka.



Saham pemilik Google dan pembuat Windows masing-masing naik 0,6% dan 1,7%. "Bila Anda memiliki antusiasme sebesar ini untuk tema investasi tertentu, Anda tidak memerlukan banyak alasan untuk menggerakkan pasar. Ini adalah inersia," kata Steve Sosnick, kepala strategi di Interactive Brokers.

Dengan bank sentral A.S. berada di jalur untuk kenaikan suku bunga 25 basis poin lainnya pada hari Rabu, pembuat kebijakan menghadapi pilihan mengenai seberapa besar bobot yang akan diberikan pada data ekonomi baru-baru ini.

"Pertemuan Federal Reserve besok mengingatkan pasar bahwa ini akan menjadi yang kedua terakhir, jika bukan yang terakhir, kenaikan suku bunga, dan itu telah menjadi perhatian utama pasar, terutama untuk saham teknologi," kata Rishi Sadarangani, kepala investasi di hedge fund R/Evolution Gate.

Sebuah survei menunjukkan kepercayaan konsumen meningkat ke level tertinggi dua tahun di bulan Juli, di tengah berlanjutnya optimisme tentang pasar tenaga kerja meskipun ada kekhawatiran tentang resesi.

Indeks Komposit Nasdaq (.IXIC) yang padat teknologi telah menguat tahun ini, dibantu oleh kenaikan yang sangat besar di perusahaan-perusahaan dengan pertumbuhan megacap yang sensitif terhadap suku bunga dan harapan untuk mengakhiri siklus pengetatan Federal Reserve AS.

Perusahaan di luar teknologi juga berkinerja baik karena valuasi yang lebih rendah menarik investor. Blue-chip Dow (.DJI) naik tipis selama 13 hari berturut-turut, bahkan saat penurunan 0,87% di Boeing (BA.N) membatasi kenaikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)