10 Negara Terkaya di Kawasan Asia, Indonesia Nomor Berapa?

Senin, 05 Juni 2023 - 20:32 WIB
loading...
10 Negara Terkaya di Kawasan Asia, Indonesia Nomor Berapa?
Negara emerging market Asia telah memperlihatkan ketahanan di tengah ketidakpastian global. Ada beberapa di antaranya menyandang status sebagai negara kaya, berikut 10 negara terkaya di Asia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Negara emerging market Asia telah memperlihatkan ketahanan di tengah ketidakpastian global, dimana mereka mampu menangani tantangan yang ditimbulkan oleh Pandemi Covid-19, perang Rusia Ukraina hingga perlambatan ekonomi global. Ada beberapa di antaranya menyandang status sebagai negara kaya, berikut 10 negara terkaya di Asia.



Dilansir Insider Monkey, penentuan negara terkaya di kawasan Asia ini dengan menganalisis data dari Credit Suisse's Global Wealth Databook 2022. Database ini menghitung kekayaan (per 2021) berdasarkan nilai aset keuangan dan non-keuangan dikurangi utang.

Menentukan peringkat dalam daftar negara terkaya terbilang kompleks dan beragam, dimana tidak ada metodologi tunggal yang dapat dengan sempurna menangkap semua aspek kekayaan suatu negara. Oleh karena itu, penting untuk menafsirkan peringkat dengan hati-hati dan mempertimbangkan berbagai sumber dan indikator untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang kekuatan ekonomi suatu negara.



Metodologi yang digunakan dalam hal ini hanya mengandalkan aset keuangan dan non-keuangan dengan dikurangi utang. Dalam perhitungan kali ini tidak mempertimbangkan faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap kekayaan keseluruhan suatu negara, seperti sumber daya alam, infrastruktur, modal manusia atau potensi ekonomi negara tersebut.

Faktor-faktor tersebut dapat secara signifikan mempengaruhi kekuatan ekonomi suatu negara dan mungkin tidak cukup ditangkap dalam perhitungan kekayaan. Misalnya, cadangan gas alam Qatar yang melimpah telah berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemakmurannya.

Bangsa ini telah secara efektif memanfaatkan sumber dayanya untuk menumbuhkan ekonomi yang kuat. Selain itu, populasi Qatar yang relatif kecil telah berkontribusi pada tingkat pendapatan per kapita yang lebih tinggi.

10. Singapura

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD1,766 triliun

Singapura merupakan salah satu negara maritim di Asia Tenggara. Meskipun menghadapi tantangan awal dan memiliki sumber daya alam yang terbatas, bangsa ini dengan cepat berkembang menjadi salah satu dari Empat Macan Asia yang menonjol. Perkembangan luar biasa Singapura terutama didorong oleh perdagangan internasional dan globalisasi ekonomi.

Ini membangun hubungan yang kuat dengan ekonomi global melalui perdagangan bebas, mempertahankan hambatan perdagangan minimal atau tidak ada, industrialisasi berorientasi ekspor, dan arus masuk investasi asing langsung yang signifikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)