10 Negara Termiskin di Asia, Indonesia Masuk Daftar?

Kamis, 25 Mei 2023 - 16:20 WIB
loading...
10 Negara Termiskin di Asia, Indonesia Masuk Daftar?
Pandemi Covid-19 telah membuat kawasan Asia-Pasifik bergulat dengan konsekuensi dari pertumbuhan ekonomi yang terganggu. Berikut 10 negara termiskin di Asia berdasarkan metrik PDB per adult. Foto/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Menurut Asia Foundation, akibat pandemi Covid-19 telah membuat kawasan Asia-Pasifik bergulat dengan konsekuensi dari pertumbuhan ekonomi yang terganggu. Untuk menentukan negara- negara termiskin di Asia , kami menganalisis data dari Credit Suisse's Global Wealth Databook 2022.



Database ini menunjukkan PDB per adult atau rata-rata pertumbuhan pendapatan kotor per orang dewasa pada tahun 2021. Hal ini membantu mengidentifikasi negara-negara dengan tingkat rata-rata pendapatan yang lebih rendah, menunjukkan bahwa individu di negara-negara tersebut mungkin memiliki sumber daya keuangan terbatas.



Berikut 10 negara termiskin di Asia berdasarkan metrik tersebut, pemeringkatan dalam daftar berdasarkan penurunan PDB per orang dewasa. Meski begitu kemiskinan tidak hanya bisa dilihat dari PDB per adult saja karena mencakup beragam dimensi, termasuk akses ke kebutuhan dasar seperti makanan, air bersih, perawatan kesehatan, pendidikan, perumahan, dan layanan sosial.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang kemiskinan di suatu negara, penting untuk mempertimbangkan berbagai indikator dan ukuran. Aspek-aspek ini tidak secara langsung ditangkap oleh rata-rata pertumbuhan pendapatan kotor per orang dewasa.

10. Kamboja

PDB Per Adult pada tahun 2021: USD2,538

Kamboja atau yang dikenal secara resmi sebagai Kerajaan Kamboja, terletak di Asia Tenggara pada bagian selatan Semenanjung Indochina. Kamboja diklasifikasikan sebagai negara yang paling tidak berkembang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Meskipun memiliki pendapatan per kapita yang lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangganya, yang mengkategorikannya sebagai negara Asia yang miskin, Kamboja menawarkan salah satu ekonomi dengan pertumbuhan paling cepat di Asia.

Sektor pertanian terus menjadi pendorong utama perekonomian, sementara sektor-sektor seperti tekstil, konstruksi, garmen, dan pariwisata telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Kondisi itu menarik peningkatan investasi asing dan mendorong perdagangan internasional.

9. Pakistan

PDB Per Adult tahun 2021: USD2,366

Pakistan secara resmi dikenal sebagai Republik Islam Pakistan, terletak di Asia Selatan. Mereka dianggap sebagai negara kekuatan menengah, lantaran memiliki senjata nuklir dan termasuk dalam kategori ekonomi yang terus tumbuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0754 seconds (0.1#10.140)