Laba Bersih AMAR Diproyeksikan Lampaui Tiga Digit pada Tahun 2023

Rabu, 26 Juli 2023 - 10:58 WIB
loading...
Laba Bersih AMAR Diproyeksikan Lampaui Tiga Digit pada Tahun 2023
Menurut laporan riset terbaru yang diterbitkan oleh Sinarmas Sekuritas, membahas proyeksi seputar kinerja PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR), bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menurut laporan riset terbaru yang diterbitkan oleh Sinarmas Sekuritas , menerangkan PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) , bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM mengalami pertumbuhan kuat dalam rekening tabungan nya.



Dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) yang mengesankan sebesar 73%, rekening tabungan AMAR melonjak menjadi Rp150 miliar dari tahun 2019 hingga 2022. Berikut beberapa poin penting dari laporan riset yang menunjukkan kinerja luar biasa AMAR:

Mendorong Pertumbuhan Masa Depan melalui Tabungan: Menurut Sinarmas Sekuritas, tabungan AMAR diperkirakan akan mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 50%, berkontribusi pada peningkatan yang signifikan dalam CASA (current account saving account).



Tujuannya adalah meningkatkan proporsi CASA dari total simpanan nasabah dari 18% pada tahun 2022 menjadi lebih dari 25% pada tahun 2025. Pada kuartal pertama tahun 2023, tabungan pihak ketiga mencapai jumlah sebesar Rp133 miliar, dengan tabungan rata-rata per nasabah mencapai Rp1,3 juta di antara lebih dari 100 ribu pengguna pada aplikasi perbankan digital mereka.

Deposito Berjangka Tetap Menjadi Sumber Pendanaan Utama: Memasuki 2023, deposito berjangka AMAR telah rebound hingga melebihi Rp1 triliun di kuartal pertama. Berdasarkan perkembangan ini, target pertumbuhan yang konservatif sebesar 25% telah ditetapkan untuk tiga tahun ke depan.

Sinarmas Sekuritas memproyeksikan bahwa jumlah deposito berjangka akan melampaui Rp1,5 triliun pada tahun 2025, dua kali lipat dari angka tahun 2022. Angka yang kuat ini memberikan landasan yang kokoh untuk pemberian pinjaman lebih lanjut melalui 'Tunaiku,' aplikasi pinjaman digital unggulan AMAR.

Menghidupkan Kembali Pertumbuhan Pinjaman: Sinarmas Sekuritas memprediksi penyaluran kredit akan semakin cepat, didukung oleh data kuartal pertama 2023 yang menunjukkan pertumbuhan 8% year-on-year. Proyeksi tiga tahun Sinarmas Sekuritas untuk pertumbuhan pinjaman menetapkan target pertumbuhan tahunan sebesar 12%, didorong oleh 15% CAGR dalam pinjaman bagi UMKM dan korporasi.

Keuntungan Hasil Pinjaman yang Konsisten: Sejak tahun 2018, AMAR telah menjaga tingkat pengembalian pinjaman sekitar 30%, yang dianggap Sinarmas Sekuritas sebagai keuntungan signifikan bagi bank digital. Pada tahun 2023, Sinarmas Sekuritas memperkirakan Net Interest Margin (NIM) tetap tinggi mendekati 15%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)