10 Negara Arab Termiskin, Nomor 1 Dua Dekade Lebih Perang Saudara

Rabu, 02 Agustus 2023 - 15:24 WIB
loading...
10 Negara Arab Termiskin, Nomor 1 Dua Dekade Lebih Perang Saudara
Ahlam Mohsin Warda, seorang ibu tunggal yang membesarkan tiga anak, membantu putranya belajar di rumah mereka di Damaskus, Suriah. Foto/Dok Reuters, Yamam al Shaar
A A A
JAKARTA - Berbicara mengenai negara- negara Arab , tidak selalu bergelimang minyak mentah dan sumber daya yang membuatnya kaya raya. Ada ketimpangan di antara penghuninya, kali ini kita akan menyoroti beberapa aspek dari 10 negara Arab termiskin .



Apabila Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab merasakan ledakan ekonomi. Sebaliknya, ekonomi seperti Suriah, Yaman, dan Somalia justru sangat menderita.

Dunia Arab adalah rumah bagi beberapa cadangan minyak terbesar di dunia, tetapi tidak semua negara mampu memanfaatkan kekayaan minyak mereka. Alasan utama jatuhnya banyak negara Arab ke jurang kemiskinan adalah ketidakstabilan geopolitik.



Irak dan Suriah telah berperang melawan terorisme selama lebih dari dua dekade. Demikian juga, Yaman yang juga menderita akibat perang melawan Arab Saudi. Tantangan global sangat mempengaruhi ekonomi negara Arab termiskin, membuat mereka rentan terhadap banyak risiko.

Negara-negara Arab termasuk Yordania, Lebanon, Sudan, dan Tunisia berada di garis depan yang rentan terhadap pelemahan ekonomi global. Dalam premis itu, dunia Arab dan Afrika adalah dua wilayah paling tidak setara di dunia.

Dalam pertemuan PBB pada 8 Juni, Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Politik dan Pembangunan Perdamaian, Rosemary DiCarlo, berbagi pandangannya tentang signifikansi strategis antara Uni Emirat Arab dan negara-negara Liga Arab lainnya untuk pengembangan kawasan ini.

Dalam daftar 10 negara Arab termiskin seperti dilansir Insider monkey, data PDB per kapita masing-masing negara menggunakan database Bank Dunia. Kemudian dipersempit menjadi sepuluh negara Arab dengan PDB per kapita terendah dan memberinya peringkat. Berikut adalah 10 negara Arab termiskin:

10. Palestina

Total PDB per kapita (2022): USD3,789.3

Konflik berkepanjangan di Palestina membuat perekonomian negara ini memburuk selama bertahun-tahun. Perdagangan dan pembatasan lainnya oleh Israel di Palestina menciptakan masalah ekonomi yang serius. Palestina berada di peringkat ke-10 dalam daftar negara-negara Arab termiskin dan memiliki PDB per kapita USD3,789.3, pada tahun 2022.

9. Tunisia

Total PDB per kapita tahun 2022: USD3,776.7
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)