10 Negara Arab Termiskin, Nomor 1 Dua Dekade Lebih Perang Saudara

Rabu, 02 Agustus 2023 - 15:24 WIB
loading...
A A A
Perang di Yaman telah menghancurkan ekonomi negara hingga membuatnya menghadapi salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Ekonomi yang menurun telah menyebabkan kerawanan pangan yang parah dan minimnya infrastruktur yang bisa menunjang pertumbuhan. Yaman adalah salah satu negara termiskin di dunia dan berada pada peringkat ketiga dalam daftar negara-negara Arab termiskin.

2. Suriah

Total PDB per kapita negara (2020): USD537.2

Suriah mengalami konflik selama lebih dari satu dekade, yang sangat mempengaruhi perekonomian di negara tersebut. Pemerintah mengendalikan sektor swasta dan publik. Dalam daftar negara-negara Arab termiskin, Suriah peringkat kedua seiring dengan kondisi ekonominya yang masih terus berjuang.

1. Somalia

Total PDB per kapita negara (2022): USD461.8

Tulang punggung Somalia adalah sektor pertaniannya, namun negara ini juga sangat bergantung pada peternakan. Somalia telah menghadapi lima musim berturut-turut minimnya curah hujan dan negara itu sedang mengalami kondisi kekeringan yang parah. Somalia berada di peringkat pertama dalam daftar negara-negara Arab termiskin.

Sementara itu Somalia pekan lalu mengatakan, Rusia memberikan keringanan utang senilai UDF684 juta dalam kesepakatan yang diselesaikan di sela-sela pertemuan puncak Rusia-Afrika di St Petersburg.

Bangkit dari perang saudara selama beberapa dekade, Somalia berusaha untuk mendapatkan keringanan utang luar negeri di bawah Dana Moneter Internasional (IMF) dan Inisiatif Negara-negara Miskin Berutang Besar (HIPC) Bank Dunia.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)