10 Negara Arab Termiskin, Nomor 1 Dua Dekade Lebih Perang Saudara

Rabu, 02 Agustus 2023 - 15:24 WIB
loading...
A A A
Situasi politik dan ekonomi di Tunisia berada dalam kondisi yang tidak stabil. Negara ini memasuki fase politik baru pada Juli 2022 dengan diperkenalkannya sistem presidensial dan konstitusi baru.

Namun, pertumbuhan ekonomi dan sektor ketenagakerjaan memburuk seiring meningkatnya tagihan impor untuk memberi tekanan pada mata uang. Menjalani masa transisi, Tunisia berada di peringkat kesembilan dalam daftar negara-negara Arab termiskin.

8. Maroko

Total PDB per kapita negara (2022): USD3,527.9

Ekonomi Maroko mendapatkan tekanan di tengah guncangan domestik dan internasional. PDB riil anjlok dari 7,9% menjadi 1,2% antara 2021 dan 2022. Namun, perkembangan pemerintah Maroko yang sedang berlangsung diyakini akan membantu memberikan respons penghematan biaya dan pemerataan yang adil di masa depan.

Maroko saat ini memiliki inisiatif berskala besar yang digelorakan oleh pemerintah untuk membuka jalan bagi investasi asing secara langsung. Negara ini berada di peringkat kedelapan dalam daftar negara-negara Arab termiskin.

7. Djibouti

Total PDB per kapita negara (2022): USD3,136.1

Djibouti sepertinya memiliki prospek ekonomi jangka menengah yang menguntungkan, dengan PDB diperkirakan akan tumbuh sebesar 5,4% pada tahun 2023 dan 6,5% pada tahun 2024. Namun, negara ini memiliki kelemahan sistemik, dan sistem peradilan rentan terhadap pengaruh politik. Djibouti berada di antara negara-negara Arab termiskin.

Negara Djibouti terletak di Afrika Timur. Tepatnya di Teluk Aden, pintu masuk Laut Tengah. Negara Djibouti memilki bentuk negara republik dengan kepala pemerintahan Perdana Mentri. Sedangkan bahasa nasional yang digunakan adalah Arab dan Prancis. Mayoritas penduduknya beragama Islam Suni.

6. Mauritania

Total PDB per kapita negara tahun 2022: USD2,190.7

Mauritania pada dasarnya adalah negara gurun, dimana ekonomi negara tersebut sangat bergantung pada investasi modal dan bantuan teknis dari luar negeri, yang membuat Mauritania rentan terhadap fluktuasi pasar global. Negara ini berada di peringkat keenam dalam daftar negara-negara Arab termiskin.

5. Komoro

Total PDB per kapita negara (2022): USD1,484.9

Komoro rentan terhadap guncangan eksternal karena negara itu mengalami ketidakstabilan harga pangan dan bahan bakar global. Fondasi ekonomi yang rapuh dan korupsi menjadi masalah besar di negara ini.

Kurangnya transparansi di sektor publik adalah masalah lain yang mengganggu pertumbuhan. Komoro berada di peringkat kelima dalam daftar negara-negara Arab termiskin.

4. Sudan

Total PDB per kapita negara tahun 2022: USD1,102.1

Sudan terletak di wilayah strategis, dimana mereka berbagi perbatasan dengan tujuh negara. Ekonomi Sudan sangat bergantung pada sumber hidrokarbonnya. Namun, negara ini belum dapat menstabilkan ekonominya karena konflik internal sejak kemerdekaan. Sudan berada di peringkat di antara negara-negara Arab termiskin.

3. Yaman

Total PDB per kapita 2022: USD676.9
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)