Kereta Cepat dan LRT Jabodebek Gagal Jadi Kado HUT RI ke-78

Selasa, 08 Agustus 2023 - 14:15 WIB
loading...
Kereta Cepat dan LRT Jabodebek Gagal Jadi Kado HUT RI ke-78
Jadwal operasi LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta Bandung mengalami perubahan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dua proyek transportasi prestisius, yakni Kereta Cepat Jakarta-Bandung ( KCJB ) dan LRT Jabodebek , yang digadang-gadang menjadi moda terbaik, berjalan tak sesuai rencana. Dua moda transportasi itu gagal menjadi kado HUT RI ke-78.



LRT Jabodebek dijadwalkan akan mulai beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023 mendatang. Akan tetapi pengoperasian tersebut kemungkinan mundur hingga 30 Agustus 2023.

Pemunduran jadwal sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang meminta untuk tidak terburu-buru melaksanakan operasional LRT Jabodebek. "Kami tadi minta saran, Pak Presiden sangat bijak, pokoknya kalian melakukan uji coba. Pada saat uji coba berhasil, kita buka. Jadi bisa jadi menjadi 20 Agustus, atau 30 Agustus," kata Menhub di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis pekan lalu (3/8/2023).

Sebelum dilakukan masa operasional secara komersial, rencananya masyarakat diajak untuk mencoba moda transportasi tanpa masinis tersebut pada Juli lalu. Akan tetapi hingga kini uji coba tersebut juga belum terlaksana.

Kepala Divisi LRT Jabodebek Purnomisidi mengungkapkan bahwa uji coba LRT Jabodebek terbatas bersama masyarakat akan dilaksanakan pada 5 Agustus 2023 dengan tarif Rp1. Purnomisidi memastikan semua penumpang yang sudah mendaftarkan diri mengikuti uji coba operasional terbatas tetap akan dapat mengikuti kegiatan tersebut, meskipun ada penundaan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang sedianya dilakukan pada 29 Agustus 2023.

"Kemarin itu baru di uji coba Pak Menteri Perhubungan, jadi arahan Pak Menteri (uji coba masyarakat) akan dilakukan tanggal 5 Agustus," katanya saat dihubungi, Senin (31/7/2023).

Penundaan terjadi lantaran masih harus mensingkronisasi sistem LRT Jabodebek. Sinkronisasi ini untuk menyambungkan pintu kereta dan pintu akses. Pasalnya saat ini kedua aspek teknis KRL tersebut belum terintegrasi.

Mengikuti jejak LRT Jabodebek, Kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara tersebut juga tidak jadi dilakukan uji coba gratis untuk masyarakat pada 18 Agustus 2023. Jadwalnya mundur hingga awal September 2023, dan tanggal pastinya juga belum diinformasikan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

"Sesuai arahan pemerintah, rencananya uji coba pra operasi akan berlangsung mulai awal September 2023. Pada masa tersebut masyarakat dapat mencoba KA cepat relasi Jakarta - Bandung tanpa dikenakan biaya," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Selasa (8/8/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)