IDMA Ekspansi ke ASEAN Pimpin Permintaan Gandum

Rabu, 09 Agustus 2023 - 23:12 WIB
loading...
IDMA Ekspansi ke ASEAN Pimpin Permintaan Gandum
CEO IDMA Internasional Muhammad Ali Kalkan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - IDMA, Perusahaan global berbasis di Turki dalam industri pameran internasional terbesar di dunia dalam sektor teknologi produksi tepung, biji-bijian, dan pakan biji- bijian, memulai ekspansi strategis ke Asia Tenggara. Wilayah Asia Tenggara saat ini tengah mengalami lonjakan permintaan yang luar biasa akan produk-produk berbasis biji-bijian.

IDMA akan mengikutsertakan seluruh audiensnya di Jakarta bersama-sama pada 4-6 Oktober 2023, bekerja sama dengan pemerintah dan industri di Indonesia. IDMA Indonesia akan membangun platform yang memungkinkan peserta pameran dan pengunjung untuk mengeksplorasi teknologi inovatif, membina kemitraan strategis, dan memanfaatkan peluang di pasar regional.

"Ketahanan pangan global yang berkelanjutan saat ini amat penting karena mengalami tantangan berat akibat dari berbagai faktor seperti perubahan iklim, pandemi COVID-19, dan konflik Rusia- Ukraina" ujar CEO IDMA Internasional Muhammad Ali Kalkan, Rabu (9/8/2023).



Daerah ASEAN saat ini tergantung pada pasar internasional dan impor untuk mensuplai pangan tanaman yang berbasis biji-bijan. Dengan penduduk sebanyak 700 juta di kawasan ini, meningkatkan kebutuhan pangan berbasis biji-bijian sebanyak 40% pada tahun 2050. Laporan "FAO-OECD Agricultural Outlook 2023-2032" yang dirilis pada awal Juli 2023 juga mengungkapkan bahwa negara-negara Asia akan memimpin peningkatan permintaan sereal, tambah Ali. Menurut laporan tersebut, penggunaan biji-bijian secara global, yaitu 2,8 miliar ton, akan meningkat menjadi 3,1 miliar ton dalam 10 tahun dan hampir setengah dari peningkatan permintaan yang sudah diperhitungkan akan berasal dari Asia, khususnya daerah ASEAN.

Ali menambahkan bahwa meskipun beras merupakan makanan pokok di wilayah ini, permintaan gandum dan jagung terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Ukuran pasar produk roti Asia Tenggara diperkirakan akan tumbuh menjadi 15 miliar dolar dalam 5 tahun. Lintasan pertumbuhan ini telah mendorong negara-negara ASEAN untuk mengadopsi pendekatan dua arah, yakni meningkatkan produksi biji-bijian dan memanfaatkan inovasi teknologi dalam pengolahan makanan untuk meningkatkan produktivitas.

Ali berpendapat bahwa dengan pertumbuhan populasi dan prospek pertumbuhan ekonomi yang kuat, kawasan Asia Tenggara menawarkan potensi yang tinggi untuk industri pengolahan biji-bijian. Dalam menjawab tantangan ini, IDMA memilih Indonesia, negara terbesar di kawasan ASEAN untuk menjadi tuan rumah Pameran IDMA Indonesia untuk mewujudkan potensi tinggi tersebut.

Pameran yang akan dibuka di Jakarta pada 4-6 Oktober 2023 dan akan menjawab tantangan masa depan industri pengolahan biji-bijian. Pameran internasional IDMA akan menyatukan perusahaan-perusahaan produsen mesin dan peralatan penggilingan terbaik dunia di kawasan Asia Tenggara dengan pasar di ASEAN.

IDMA Indonesia akan menjadi platform unik bagi peserta pameran dan pengunjung untuk menemukan teknologi revolusioner, menjalin aliansi strategis, dan memanfaatkan peluang di Indonesia dan pasar regional yang lebih luas. Memadukan inovasi dengan tradisi, pameran ini akan meningkatkan jangkauan pasar perusahaan pemasok teknologi untuk pengolahan tepung, beras dan jagung, serta mie, pasta, biskuit, dan pakan ternak.

Mengingat kebutuhan produksi tepung terigu akan tumbuh rata-rata 25% dalam 5 tahun mendatang dan kebutuhan pakan akan tumbuh rata-rata 30% dalam periode yang sama akibat meningkatnya jumlah penduduk di kawasan Asia Tenggara; IDMA Indonesia, yang akan mempertemukan para pengembang teknologi terpenting dunia dalam bidang ini, di Jakarta, akan memberikan keuntungan penting dalam produksi berkelanjutan dan keamanan pangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)