Gawat! IMF Ramalkan Harga Biji-bijian Global Bisa Meningkat Tajam

Sabtu, 29 Juli 2023 - 08:16 WIB
loading...
Gawat! IMF Ramalkan Harga Biji-bijian Global Bisa Meningkat Tajam
Harga biji-bijian global diramal bisa melonjak 15% setelah Rusia menolak memperbarui Prakarsa Transportasi Biji-bijian Laut Hitam. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kepala Ekonom Dana Moneter Internasional (IMF) Pierre-Olivier Gourinchas menyebutkan harga gandum dan biji-bijian global bisa melonjak hingga 15% setelah Rusia menolak untuk memperbarui Prakarsa Transportasi Biji-bijian Laut Hitam minggu lalu.

Dikutip dari Bloomberg, ekonom tersebut menyatakan bahwa Inisiatif Biji-bijian Laut Hitam itu sangat berperan dalam memastikan pasokan yang cukup pada tahun lalu, dan penghentian perjanjian tersebut kemungkinan besar akan memberikan tekanan pada harga pangan.



"Sementara IMF masih menilai perkiraannya tentang dampak potensial dari langkah Rusia, kenaikan harga biji-bijian sebesar 10% hingga 15% adalah perkiraan yang masuk akal," kata Gourinchas seperti dilansir Russia Today, Sabtu (29/7/2023).

Perjanjian tersebut, yang dimediasi oleh PBB dan Turkiye, ditandatangani pada Juli 2022, kemudian diperpanjang berulang kali dan akan berakhir pada 17 Juli. Perjanjian tersebut menjamin koridor perdagangan yang aman bagi kapal untuk mengekspor biji-bijian Ukraina dari pelabuhan Laut Hitam.

Mendampingi kesepakatan itu adalah memorandum Rusia-PBB yang bertujuan untuk memfasilitasi ekspor pertanian Rusia, yang, meskipun tidak ditargetkan secara langsung oleh sanksi Barat, menghadapi masalah karena sanksi Barat.



Rusia menolak untuk memperpanjang perjanjian tersebut minggu lalu, dan mengklaim bahwa Barat gagal memenuhi kewajibannya berdasarkan kesepakatan tersebut, seperti pencabutan pembatasan ekonomi Barat yang telah menghambat ekspor makanan dan pupuk Rusia.

Moskow juga mengkritik kesepakatan biji-bijian karena tidak memenuhi pembenaran kemanusiaannya. Sebagian besar produk Ukraina dikirim ke negara kaya daripada negara miskin yang paling terancam kerawanan pangan.

Rusia menyatakan bahwa kesepakatan biji-bijian masih dapat dihidupkan kembali jika Moskow menerima keringanan sanksi yang dijanjikan oleh PBB.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)