Setelah G20, Indonesia Kini Jadi Tuan Rumah WWF ke-10, Luhut Jadi Ketuanya

Kamis, 10 Agustus 2023 - 10:28 WIB
loading...
Setelah G20, Indonesia Kini Jadi Tuan Rumah WWF ke-10, Luhut Jadi Ketuanya
Setelah sukses menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama G20, Indonesia kembali menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Setelah sukses menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama G20, Indonesia kembali menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10. Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan dipilih menjadi ketua panitia nasional WWF ke-10 yang akan digelar di Bali pada Mei 2024 mendatang.



Adapun tema yang digaungkan adalah Water for Shared Prosperity. Menko Luhut menyampaikan, bahwa perhelatan Internasional ini merupakan gotong royong pemerintah Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia dapat menjadi tuan rumah forum internasional ini. Di samping itu, Menko Luhut juga menyampaikan bahwa forum ini sangat penting untuk hidup masyarakat dunia.

“ Isu air ini sangat penting untuk masyarakat dunia. Kita mau forum ini berjalan seperti G20, sehingga anggota forum dapat merumuskan langkah konkrit atas program dan isu-isu yang dibahas. Harapannya ini akan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat dunia,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/8/2023).



Sebagai informasi, WWF diadakan setiap tiga tahun sekali dengan tujuan membahas dan mempromosikan isu-isu terkait air secara global. Forum ini menjadi tempat bertemunya berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, organisasi non-pemerintah, ilmuwan, praktisi, dan perwakilan masyarakat sipil, untuk berdiskusi, berbagi pengetahuan, dan mencari solusi terkait masalah air.

“Pemerintah Indonesia dipilih oleh World Water Council pada kesempatan World Water Forum ke 9 di Dakar. Kita dipilih World Water Forum ke 10 yang nantinya akan diselenggaran di BNDCC Bali pada tanggal 18-24 Mei 2024,” ujar Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PUPR Dadang Rukmana di media briefing pada Rabu (09-08-2023).

Acara tersebut akan menghadirkan 172 negara dimana Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan internasional terbesar di bidang air yang membahas pengelolaan sumber daya air dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Forum ini memiliki misi menyediakan platform bagi semua pemangku kepentingan di bidang air untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman, serta menciptakan ide-ide konkret dalam pengelolaan dan pengembangan sember daya air yang lebih baik.

Selain itu, SAM Dadang menambahkan, misi dari forum ini adalah mendorong pemikiran yang inovatif dalam mengatasi isu dan permasalahan terkini dalam pengelolaan sumber daya air, serta meningkatkan komitmen dan aksi para pembuat kebijakan dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya air yang berkelanjutan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)