Kendalikan Harga Cabai, Kementan Minta Bulog Ambil Alih Distribusi

Jum'at, 20 Januari 2017 - 23:41 WIB
Kendalikan Harga Cabai, Kementan Minta Bulog Ambil Alih Distribusi
Kendalikan Harga Cabai, Kementan Minta Bulog Ambil Alih Distribusi
A A A
BLITAR - Untuk mengendalikan harga cabai agar stabil, Kementerian Pertanian melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke para petani yang berada di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Dalam sidak tersebut, Kementan akan menggandeng Bulog guna membeli dan mendistibusikan cabai dari petani ke konsumen.

Sidak yang dilakukan Kementan di areal ladang cabai di Desa Panggungasri, Kecamatan Panggungrejo, Blitar, bertujuan memetakan daerah-daerah penghasil cabai. Karena Kabupaten Blitar termasuk salah-satu penghasil cabai yang menyuplai ke Jakarta.

Selain melihat kondisi tanaman cabai milik petani, Dirjen Holtikultura Kementan Spudnik Sujono akan menggandeng Bulog membeli cabai dari petani dan mendistibusikanya. Hal tersebut sebagai salah-satu cara untuk menekan harga cabai agar stabil. “Karena Kementerian Pertanian menilai ada tengkulak nakal yang mengendalikan harga cabai,” ujarnya, Jumat (20/1/2017).

Manaf, salah satu petani cabai mengatakan, para petani tidak mempermasalahkan pembelian cabai milik petani Bulog. “Asalkan harganya sesuai dengan standar dan tidak di bawah harga para tengkulak,” katanya. Karena selama ini, banyak petani yang menjual ke tengkulak dengan harga yang tinggi.

Selain meminta Bulog membeli cabai dari petani, Kementan juga akan mengoptimalkan kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di daerah-daerah ikut memantau harga cabai dan harga-harga komoditas lainnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4686 seconds (0.1#10.140)