10 Negara dengan Utang Paling Sedikit di Dunia, Nomor 9 Sedang Perang

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 19:23 WIB
loading...
A A A
Rasio utang terhadap PDB: 11,7

Pada Desember 2021, utang luar negeri Azerbaijan mencapai USD8,1 miliar, sementara PDB nominal dilaporkan sebesar USD20,4 miliar pada September 2022. Negara ini memiliki bantalan yang kuat terhadap kenaikan utang publik karena cadangan devisa bruto yang memadai. Adapun cadangan ini juga dilengkapi dengan aset asing yang dipegang oleh Dana Minyak Negara Azerbaijan (SOFAZ), yang diperkirakan mencapai USD50 miliar.

7. Kongo

Rasio utang terhadap PDB: 14,6

Republik Demokratik Kongo adalah sebuah negara miskin, dengan hampir 70% penduduknya hidup dalam kemiskinan ekstrem. Ekonominya mengalami pertumbuhan 6,1%, terutama karena ekspor sektor pertambangan dan investasi.

Meskipun rasio utang terhadap PDB rendah, negara ini diklasifikasikan sebagai negara yang mengalami kesulitan utang karena tunggakan utang yang tinggi. Sejumlah konflik politik telah terjadi di negara ini selama bertahun-tahun.

8. Burundi

Rasio utang terhadap PDB: 17,2

Karena pemulihan yang berkelanjutan di bidang pertanian dan investasi publik, tingkat pertumbuhan Burundi untuk tahun 2023 diproyeksikan sebesar 4,6%. Namun, negara ini telah menghadapi guncangan ekonomi yang parah di masa lalu karena pandemi dan ketidakseimbangan ekonomi makro lainnya. Kenaikan harga impor semakin memperparah inflasi, memperlebar defisit fiskal, dan juga memperburuk tekanan transaksi berjalan.

9. Rusia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)