Ganjar Tingkatkan Kerja Sama Investasi Energi Terbarukan dengan Australia

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 22:00 WIB
loading...
Ganjar Tingkatkan Kerja Sama Investasi Energi Terbarukan dengan Australia
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima kunjungan Kepala Keuangan Negara Bagian Queensland Australia Cameron Dick MP di rumah dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, Jateng, Jumat (11/8/2023) malam. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menerima kunjungan Kepala Keuangan Negara Bagian Queensland Australia Cameron Dick MP di rumah dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, Jateng, Jumat (11/8/2023) malam.

Dalam pertemuan tersebut, Ganjar bersama Cameron melakukan penguatan kerja sama sister province antara Jateng dan Australia. Keduanya meningkatkan kerja sama investasi di sektor energi terbarukan .

"Beliau datang dan kita ingin bekerja sama pada banyak hal soal investasi, renewable energi, beberapa teknologi yang akan kembangkan," kata Ganjar.



Sebelumnya, Ganjar telah menjalin kerjasama erat dengan Australia. Selain kerjasama perdagangan dengan Brisbane, adapula kerjasama di bidang edukasi antara UNDIP dengan Grifith University.

Di bidang kesehatan, Australia mensupport bantuan ambulans dan puskesmas terapung di Karimun Jawa Kabupaten Jepara berkat dukungan Ganjar. Australia juga memberikan alat periksa kehamilan atau USG (ultrasonografi) dan hibah Rp 4,5 miliar tahun 2022.

Kedua provinsi beda negara ini juga mewujudkan kerjasama berbentuk pelatihan. Di antaranya penanganan penyakit anthrax, leptospirosis, dan gigitan ular yang dibalut skema kerjasama bertajuk AIHSP (Australia Indonesia Health Security Partnership).

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kunjungan dari delegasi Queensland, kita senang karena sudah 20 tahun lebih kita bekerja sama dan hasilnya bagus," kata Ganjar.

Ganjar berharap, kerjasama di sektor energi terbarukan antara Jateng-Australia dapat berjalan dengan baik sehingga hubungan dua negara semakin erat.

"Mudah-mudahan hubungan antara Queensland dan Provinsi Jawa Tengah semakin baik, hubungan Indonesia dan Australia, karena Australia adalah tetangga penting buat Indonesia agar kerja sama bisa ditingkatkan," kata Ganjar.



Sementara itu, Kepala Keuangan Negara Bagian Queensland Australia Cameron Dick MP mengungkapkan kegembiraannya bisa bekerja sama dengan Provinsi Jateng. Dia berharap kerja sama yang nanti dilakukan bisa optimal.

"Menekankan dan menegaskan tentang hubungan antara kedua provinsi dan untuk menginisiasi kerja sama di masa depan utamanya tentang energi terbarukan," pungkas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)