Miliki Segudang Prestasi, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Layak Maju ke Bursa Capres 2024

Senin, 14 Agustus 2023 - 14:28 WIB
loading...
Miliki Segudang Prestasi, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Layak Maju ke Bursa Capres 2024
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: dok KemenkoPerekonomian)
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto layak dan berhak untuk maju ke bursa capres 2024. Hal tersebut diutarakan oleh Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah.

Pandagannya tersebut disampaikannya tidak lepas dari berbagai prestasi yang telah Airlangga raih selama menjadi Menko Perekonomian.

Piter mengatakan bahwa Airlangga telah sukses menjadi Menko Perekonomian, dilihat dari keberhasilannya membawa perekonomian Indonesia survive melewati masa pandemi.

Di bawah koordinasinya, Indonesia termasuk cepat pulih dan bangkit dari masa pandemi. Pertumbuhan ekonomi yang sempat turun, mulai bangkit pada 2021, 2022, dan 2023, di mana kembali ke level 5 persen.

“Saya kira Pak Airlangga bisa dikatakan berhasil sebagai menko. Pak Airlangga sebagai bagian dari pemerintahannya Pak Jokowi bertugas mengkoordinasikan semua bidang ekonomi bisa membawa perekonomian kita survive melewati masa pandemi,” ujarnya.

Tidak berhenti disitu, Airlangga dinilai mampu menjaga perekonomian Indonesia tetap kuat di tengah ancaman ketidakpastian global. Hal tersebut membawa perekonomian Indonesia tetap dalam kondisi stabil, meski ada ancaman krisis global yang tidak ringan.

Salah satu program yang diinisiasinya adalah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Pemulihan Ekonomi Kreatif pasca Covid-19 yang merupakan stimulus untuk UMKM, sektor pariwisata, serta ekonomi kreatif yang juga dikawal oleh Airlangga.

Program tersebut diperuntukan bagi para pekerja yang terdampak PHK tersebut berupa bantuan modal dan kapasitas building untuk memiliki keahlian baru.

Pada awal 2021, Airlangga meluncurkan program Transformasi Digital Ekonomi Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi teknologi digital di seluruh sektor ekonomi Indonesia, termasuk e-commerce, fintech, manufaktur, dan pariwisata.

Selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto memiliki tugas utama mengkoordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam bidang perekonomian, dia berhasil melakukannya, sehingga tidak terjadi gejolak di dalamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)