Semua Orang Kesulitan Bayar Pinjaman ke Bank, Kartika Peringatkan Soal Kredit Macet

Kamis, 30 Juli 2020 - 05:27 WIB
loading...
Semua Orang Kesulitan Bayar Pinjaman ke Bank, Kartika Peringatkan Soal Kredit Macet
Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan bahwa sektor financial service perusahaan pelat merah turut terkena dampak akibat pandemi Covid-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan bahwa sektor financial service perusahaan pelat merah turut terkena dampak akibat pandemi Covid-19. Adapun, sektor tersebut terkena dampak moderat karena dari sisi bisnis keuangan terasa dari pembayaran kredit.

(Baca Juga: Gara-gara Pandemi Covid-19, Pelaku UMKM Kesulitan Bayar Utang dan Bunga )

Pria yang akrab disapa Tiko ini menyebut, di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat yang meminjam dana dari perbankan baik untuk usaha produktif maupun konsumtif mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran utangnya.

"Sehingga berdampak ke NPL (kredit bermasalah atau non performing loan) dan pencadangan," ujar Tiko dalam Webinar 'Peran Perbankan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional', Rabu (29/7).

(Baca Juga: Wabah Covid-19 Tidak Pilih-pilih, Sri Mulyani: Semua Elemen Ekonomi Terkena )

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri menambahkan, pandemi juga membuat perbankan mengalami reformasi yang cukup drastis. Pasalnya karena jika dahulu 70-80% transaksi ada di cabang, saat ini terjadi akselerasi dari peralihan fungsi cabang dan akhirnya masyarakat memilih digital platform, mobile banking, internet banking, dan sebagainya.

"Sehingga ini suatu hal positif karena akselerasi daripada adopsi digital di masa Covid ini juga diharapkan dalam jangka menengah bisa meningkatkan efisiensi dan penetrasi perbankan," ucapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)