Perekonomian Inggris Tumbuh Lebih Cepat

Kamis, 23 Februari 2017 - 11:36 WIB
Perekonomian Inggris Tumbuh Lebih Cepat
Perekonomian Inggris Tumbuh Lebih Cepat
A A A
LONDON - Perekonomian Inggris tumbuh lebih tinggi dari sebelumnya menurut perkiraan dari badan resmi statistik dalam laporan tiga bulan terakhir di 2016. Tercatat Produk domestik bruto (PDB) meningkat sebesar 0,7%, atau meningkat dari 0,6% berdasarkan data dari Kantor Nasional Statistik Inggris (ONS).

Seperti dilansir BBC, Kamis (23/2/2017) revisi dilakukan, lantaran industri manufaktur menunjukkan performa lebih baik dari prediksi sebelumnya. ONS memangkas estimasi untuk pertumbuhan pada 2016 secara keseluruhan menjadi 1,8% dari perkiraan 2% bulan lalu.

Revisi tersebut membuat posisi Inggris sedikit lebih rendah dari Jerman, dengan perkiraan pertumbuhan 1,9% dalam G7 league. "Walaupin perbedaan adalah hal yang baik dalam margin error pada setiap perkiraan awal PDB," ujar Kepala Ekonom PwC John Hawksworth.

Perubahan ini terlihat setelah melemahnya produksi minyak dan gas (migas) selama enam bulan pertama tahun 2016, dengan tidak mencerminkan kekuatan ekonomi Inggris. "Termasuk output minyak dan gas, perkiraan pertumbuhan PDB Inggris mungkin akan benar-benar membaik di 2016," tambahnya.

Angka-angka tersebut menjadi revisi ketiga, setelah laporan anggaran. "Sayangnya, ini berarti kanselir tidak dapat mengatakan bahwa perekonomian Inggris tumbuh pesat dalam G7. Pasalnya Jerman tumbuh sebesar 1,9%," ucap ekonom dari Capital Economics UK Paul Hollingsworth.

ONS juga menambahkan terjadi perlambatan dalam investasi bisnis yang jatuh sebesar 1% dibandingkan dengan tiga bulan hingga akhir September. Namun, sektor jasa masih dominan dan terus tumbuh. "PDB Inggris dapat memperoleh beberapa momentum di akhir 2016. Tapi berita terbaru dari Inggris tampaknya menunjukkan telah kehilangan momentum dalam minggu-minggu awal 2017," terang Kepala Ekonom di perusahaan pembayaran internasional World First Jeremy Cook.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3758 seconds (0.1#10.140)