Permudah Pasien, Siloam Hospitals Tingkatkan Investasi Digital

Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:39 WIB
loading...
Permudah Pasien, Siloam Hospitals Tingkatkan Investasi Digital
PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) berkomitmen mengembangkan infrastruktur teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Siloam International Hospitals Tbk ( SILO ) berkomitmen mengembangkan infrastruktur teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien. SILO juga berkomitmen mempertahankan posisinya sebagai penyedia layanan healthcare terkemuka.

Caranya memberikan pengalaman pasien yang lebih lancar dan nyaman didukung kemampuan digital. Saluran digital SILO terdiri dari aplikasi MySiloam, website Siloam, pusat kontak khusus, dan nomor WhatsApp khusus. SILO juga bekerja sama dengan platform lain seperti AIDO, HaloDoc, dan Alodokter.

Pada April 2023, anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk ( LPKR ) di sektor pelayanan kesehatan ini telah menerapkan pembayaran ekspres sehingga pembayaran layanan dilakukan secara mandiri melalui aplikasi MySiloam. Pengiriman obat pun bisa langsung dilakukan via aplikasi tersebut.

”Pasien juga dapat melihat riwayat kesehatan keluarga, khususnya anak-anak mereka di portal pasien mereka sendiri,” kata Presiden Komisaris SILO sekaligus Group CEO LPKR John Riady dalam siaran persnya, Rabu (22/8/2023).

Mulai April 2023, SILO juga berhasil menerapkan bisnis Online to Offline (O2O) untuk layanan laboratorium dan radiologi, pemesanan, dan pembayaran. Dengan ekspansi digital ini, SILO berusaha menjangkau pasar lebih luas untuk konsumen laboratorium dan radiologi.

Di samping itu, SILO juga menyediakan layanan telechat doctor on demand untuk menawarkan perawatan darurat dan janji temu terapi online. Pasien dapat berkonsultasi melalui telepon, seperti melalui video call dengan dokter spesialis dari rumah sakit Siloam. Setelah prosedur diagnostik dan berkonsultasi dengan dokter, pasien dapat terhubung dengan layanan farmasi apotek hingga laboratorium rujukan.

SILO juga mentransformasi perjalanan pasien rawat jalan dengan menerapkan jalur antrean tunggal. Di mana pasien hanya perlu mengambil satu nomor antrean selama kunjungan mereka di rumah sakit, termasuk pendaftaran, apotek, dan kasir.

Pada Semester I/2023, fitur ini telah diimplementasikan di 39 RS Siloam dan telah berhasil mengurangi waktu tunggu konsultasi sebesar 25% dan mengurangi waktu tunggu kasir sebesar 14%. ”SILO terus berinvestasi dalam kualitas layanan untuk memberikan pengalaman pasien yang sempurna,” lanjut John Riady.

SILO yang saat ini mengoperasikan 41 RS Siloam yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia. Pada Kuartal III/2023, SILO berkomitmen meningkatkan digitalisasi, termasuk koversi layanan untuk memberikan arahan yang tepat dalam melayani pasien.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)