Resmikan SPAM Mebidang, Jokowi: Saya Merasakan Begitu Pentingnya Air Setelah 4 Hari di Afrika

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 13:13 WIB
loading...
Resmikan SPAM Mebidang, Jokowi: Saya Merasakan Begitu Pentingnya Air Setelah 4 Hari di Afrika
Jokowi resmikan Spam Mebidang, di Sumatra Utara. Foto/BiroSetpres
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi ( Jokowi ) meresmikan sistem pengelolaan air minum (SPAM) regional Medan-Binjai-Deli Serdang (Mebidang), Sumatra Utara, pada pagi hari tadi, Jumat 25 Agustus 2023.



"Alhamdulillah telah selesai sistem penyediaan air minum di Medan Binjai Deli Serdang yang menelan anggaran Rp948 miliar. ini kerja sama pemerintah pusat dan provinsi dan kota kabupaten," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (25/8/2023).

"Tanahnya tanah provinsi, kerja sama yang seperti ini, jadi kalau kerja samanya baik, pembangunan juga akan berjalan dengan cepat," tambahnya.

SPAM dengan kapasitas hampir seribu liter per detik itu diharapkan dapat tersalur ke sambungan rumah tangga. Sambungan itu mencapai 88 ribu saluran rumah tangga.

"Ini memiliki kapasitas 1.100 liter per detik, sangat besar sekali. Sehingga saya minta kepada gubernur, bupati, wali kota agar menindaklanjuti sambungan-sambungan ke rumah tangga, karena menyangkut kurang lebih 88 ribu saluran rumah tangga yang bisa tersambung. Kalau dijiwakan bisa 440 ribu jiwa, sangat besar sekali," tambah Jokowi.

Jokowi pun meminta kepada masyarakat agar menggunakan air sebaik mungkin. Hal tersebut menjadi pembelajaran penting usai Jokowi melakukan kunjungan ke Afrika beberapa hari lalu

"Air, urusan pagi hari ini adalah urusan air. Saya bisa merasakan begitu pentingnya air setelah kemarin 4 hari di Afrika. Kita ini sering tidak merasa betapa pentingnya air karena kita tidak pernah merasa kekurangan air, ga pernah kekurangan air, jadi ga pernah merasa betapa pentingnya itu air," kata Jokowi.

Selain meresmikan SPAM Mebidang, Jokowi juga akan meresmikan Jembatan Aek Tano Ponggol. Pembangunan jembatan tersebut, kata Jokowi, menelan biaya hampir Rp157 miliar.



"Juga akan diresmikan Jembatan Aek Tano Ponggol, ini di Kabupaten Samosir yang juga telah selesai menelan biaya 157 miliar rupiah. Ini panjang bentangannya 294 meter dan bentang utamanya 99 meter dan lebarnya 8 meter," kata Jokowi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)