MIND ID Terapkan Pertambang Cerdas Pertama di ASEAN

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 12:20 WIB
loading...
A A A
Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah meresmikan 5G Mining di PTFI, Kabupaten Mimika, Papua. Peresmian tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara oleh PTFI yang didukung Telkomsel.

Presiden Jokowi telah meninjau secara langsung penggunaan teknologi tersebut di tambang Grasberg milik PTFI. Presiden Jokowi mengaku senang karena teknologi mutakhir ini diawaki oleh sumber daya manusia (SDM) dalam negeri, khususnya Papua.

Tak hanya smart mining, MIND ID juga telah membuktikan keberadaan dan kemampuannya mengikuti zaman. Noble purpose MIND ID sudah beradaptasi pada era Revolusi Industri 4.0.



Anggota MIND ID, PT Bukit Asam (PTBA), sudah menerapkan Corporate Information System and Enterprise Application (CISEA) yang mengintegrasikan sejumlah sistem, seperti Automation and SCADA System Integration dan Bukit Asam Mine Dispatch Optimation System. Melalui CISEA, pemeliharaan software dan perbaikan (troubleshooting) bisa dilakukan dari jarak jauh.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)