MIND ID Terapkan Pertambang Cerdas Pertama di ASEAN

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 12:20 WIB
loading...
MIND ID Terapkan Pertambang Cerdas Pertama di ASEAN
MIND ID, lewat Freeport Indonesia, menerapkan pertambangan cerdas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - MIND ID , BUMN holding pertambangan, melalui PT Freeport Indonesia (PTFI), telah menggunakan teknologi 5G Mining Freeport untuk aktivitas pertambangan cerdas atau smart mining. Teknologi yang merupakan kerja sama antara PTFI dan Telkomsel ini adalah yang pertama di Asia Tenggara.



Tak hanya bermanfaat di bidang komunikasi, teknologi teknologi 5G ini juga bermanfaat untuk dunia pertambangan. Jaringan 5G Telkomsel yang sangat stabil dapat mendukung aktivitas smart mining, seperti sistem kendali jarak jauh, otomatisasi pekerjaan, dan peningkatan keselamatan kerja.

"Teknologi 5G Mining Freeport merupakan salah satu inovasi baru yang dilakukan pemerintah di bidang pertambangan. Terobosan ini membuat Freeport menjadi pelopor smart mining pertama di Asia Tenggara," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf, dalam keterangannya, Jumat (25/8/2023).

Kehadiran smart mining menjadi bukti otentik pemanfaatan jaringan 5G. Smart mining merupakan sistem pertambangan yang memanfaatkan teknologi internet untuk mendukung pekerjaan. Dengan teknologi 5G, sistem ini berfokus pada otomatisasi dan peningkatan keselamatan kerja.

Salah satu manfaat utama jaringan 5G di dunia pertambangan adalah untuk mendukung keselamatan kerja para pegawai. Aktivitas pertambangan yang lebih banyak dilakukan di bawah tanah hingga kedalaman mencapai 1.500 meter di bawah permukaan tanah, membutuhkan teknologi canggih untuk mengontrol keselamatan kerja. 5G smart mining mencoba meminimalisasi risiko tersebut.

Selain itu, teknologi ini juga memiliki peran penting untuk melakukan monitoring secara real time. Risiko kecelakaan kerja pun bisa lebih rendah dengan penggunaan kamera yang didukung teknologi AI dan jaringan internet 5G.

Sementara itu, penerapan teknologi smart mining di Indonesia sudah diuji coba di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, China, Swedia, dan Rusia. Hasil uji coba tersebut membuktikan teknologi smart mining mampu mengoptimalkan produktivitas hingga 25%.

Teknologi ini juga mampu menghemat biaya operasional hingga 40%, terutama untuk pengeboran. Dari segi energi, teknologi smart mining juga bisa menghemat hingga 20%.

Kesuksesan tersebut pun memberi inspirasi bagi Indonesia untuk menerapkan teknologi 5G smart mining. Kerja sama antara PTFI dan Telkomsel menghasilkan pengaktualisasian smart mining di Indonesia hingga menjadi yang pertama di Asia Tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)