Indonesia Siap Tingkatkan Suplai Gas untuk Kebutuhan Domestik dan Kawasan

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 22:01 WIB
loading...
Indonesia Siap Tingkatkan Suplai Gas untuk Kebutuhan Domestik dan Kawasan
Pemanfaatan gas bumi pada 2022 didominasi oleh pemanfaatan domestik mencapai 67,2% dari total gas terdistribusi sebanyak 5.474,42 BBTUD. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Indonesia menegaskan komitmen untuk meningkatkan suplai gas bumi untuk memenuhi kebutuhan nasional juga sebagai penyuplai kebutuhan gas di kawasan ASEAN. Komitmen itu disampaikan Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Mustafid Gunawan pada ASEAN Energy Business Forum (AEBF) di Nusa Dua, Bali.

"Berdasarkan neraca gas Indonesia, bahwa permintaan gas domestik dapat terpenuhi dari suplai eksisting, suplai yang sedang berjalan, dan juga dari suplai potensial. Untuk memenuhi permintaan yang telah berkontrak, diproyeksikan akan dipenuhi dari pengembangan lapangan eksisting," ujar Mustafid, dalam siaran pers, Sabtu (26/8/2023).



Untuk permintaan potensial maupun yang telah berkomitmen, jelas dia, akan didukung melalui proyek dan suplai potensial yang diperkirakan dapat on-stream sesuai jadwal. Mustafid menjelaskan, pemanfaatan gas bumi pada 2022 didominasi oleh pemanfaatan domestik mencapai 67,2% dari total gas terdistribusi sebanyak 5.474,42 BBTUD.

"Tren ini terus meningkat hingga tahun ini. Diperkirakan Indonesia akan tetap menjadi net eksportir gas bumi di masa mendatang. Namun, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan pemanfaatan gas untuk kebutuhan domestik dan menurunkan ekspor secara bertahap untuk menjaga ketahanan energi dan mendukung pertumbuhan ekonomi," tegasnya.



Untuk mengoptimalisasi suplai dan pemanfaatan gas selama masa transisi energi, lanjut dia, pemerintah telah menyusun strategi untuk meningkatkan produksi dan cadangan gas bumi, meningkatkan ketersediaan dan memaksimalkan pemanfaatan untuk mendukung suplai gas domestik, serta menetapkan harga gas bumi yang terjangkau dan kompetitif.

Selanjutnya Mustafid mengungkapkan bahwa Pemerintah Indonesia juga berkomitmen terhadap pengembangan gas bumi untuk transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE). "Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mendukung pengembangan gas bumi sebagai salah satu komoditas utama yang dianggap paling sesuai dalam transisi energi menuju NZE, sambil terus mendukung industri dan pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)