Bangun Infrastruktur Butuh Rp5.000 Triliun, Pemerintah Gandeng Swasta

Jum'at, 10 Maret 2017 - 11:12 WIB
Bangun Infrastruktur Butuh Rp5.000 Triliun, Pemerintah Gandeng Swasta
Bangun Infrastruktur Butuh Rp5.000 Triliun, Pemerintah Gandeng Swasta
A A A
DENPASAR - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkapkan bahwa Indonesia membutuhkan uang hampir Rp5.000 triliun untuk membangun infrastruktur Indonesia. Angka sebesar itu, kata Bambang hanya bisa dicapai jika pemerintah bekerja sama dengan swasta.

Saat ini, pemerintah memang sangat membutuhkan dukungan pembangunan infrastruktur. Dengan infrastruktur, Indonesia dapat menjadi simbol negara yang ekonominya tumbuh.

"Kita butuh uang yang sangat banyak, hampir Rp5.000 triliun. Salah satu upaya kita ya harus kerja sama dengan swasta, kita menggandeng mereka," kata Bambang di Denpasar, Bali, Jumat (10/3/2017)

Bambang meyakini, pemerintah sangat membutuhkan swasta karena menurut hitung-hitungannya, tidak mungkin pemerintah Indonesia bisa membangun infrastruktur sendiri dengan uang APBN dan APBD.

"Dari mana duitnya? Kalau APBN dan APBD yang agak optimis hanya sekitar 40%. BUMN juga ada tapi 43% saja, dan total 73%. Sisanya darimana? Itu benar-benar harus dari swasta," imbuh dia.

Bambang mengimbau agar pemerintah jangan anti terhadap swasta agar pembangunan infrastruktur Indonesia bisa terbangun dengan maksimal. "Karena kalau sampai kita tidak merangkul mereka, ekonomi kita enggak akan naik, dan easy of doing bussines kita juga jelek," tutupnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0743 seconds (0.1#10.140)