Waskita Karya Ikut Garap Proyek IKN Senilai Rp4,3 Triliun

Senin, 28 Agustus 2023 - 16:59 WIB
loading...
Waskita Karya Ikut Garap Proyek IKN Senilai Rp4,3 Triliun
Waskita Karya mendukung penuh proyek IKN Nusantara. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk ( WSKT ) mendukung penuh Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ) di Kalimantan yang dicanangkan pemerintah. Dukungan terhadap pembangunan Ibu tersebut dibuktikan melalui pengerjaan berbagai proyek senilai Rp4,3 triliun yang terdiri dari pembangunan jalan hingga pembangunan gedung dan infrastruktur sumber daya air.

Proyek pembangunan tersebut diharapkan dapat selesai tepat waktu sehingga dapat mendukung pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-79 RI, di IKN pada 17 Agustus 2024, seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Waskita Karya sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur berkomitmen untuk mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan," ujar Direktur Utama Waskita Karya Mursyid melalui keterangan tertulis, Senin (28/8/2023).



Saat ini, Waskita Karya memiliki porsi 60% lebih dalam pengerjaan proyek IKN. Dalam penggarapan proyek pembangunan IKN, Waskita Karya juga telah turut memberdayakan pekerja lokal sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat setempat.

Dalam pengerjaan pembangunan IKN, Waskita Karya berkomitmen untuk mengutamakan aspek-aspek tata kelola yang baik, terutama dalam hal transparansi, lean construction serta efisiensi dan efektivitas. Waskita Karya saat ini tengah mengerjakan proyek pembangunan jalan, antara lain Proyek Jalan Tol IKN Ruas 5A di mana di dalamnya termasuk pembangunan Jembatan Dirgahayu yang akan menjadi ikon dengan progress 33,67%, dan Proyek Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4 dengan progress 48,13%.

Waskita juga memenangkan tender pembangunan proyek Jalan Feeder Distrik Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dan melakukan penandatanganan kontrak kerja pada awal Juli 2023. Selain itu, terdapat beberapa proyek pembangunan fasilitas Gedung pendukung operasional Ibu Kota baru, antara lain Proyek Gedung Sekretariat Presiden dan Fasilitas Gedung Penunjang, Proyek Gedung dan Kawasan Kementerian Koordinator (Kemenko) Paket 3, Proyek Gedung dan Kawasan Kemenko Paket 4. Sebagai pendukung infrastruktur sumber daya air, Waskita Karya turut membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1, 2, 3 di IKN.

"Waskita Karya juga fokus meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia dalam mengerjakan pembangunan IKN. Perseroan secara aktif mengembangkan teknologi digitalisasi sesuai program transformasi yang sedang dijalankan," jelas Mursyid.

Secara total, Waskita Karya saat ini tengah mengerjakan 93 proyek senilai total Rp51,6 triliun. Diakui Mursyid, Waskita Karya saat ini sedang menyelesaikan proses restrukturisasi utang kepada kreditur perbankan dan obligasi. Sebagai bagian dari proses restrukturisasi tersebut, perseroan mengusulkan untuk menunda pembayaran kewajiban kepada kreditur perbankan dan obligasi atau standstill.

Penundaan pembayaran kewajiban tersebut diperlukan untuk menjaga likuiditas perseroan, mengingat kas yang dapat secara leluasa digunakan oleh perseroan sangat terbatas. Meskipun per 30 Juni 2023, Waskita Karya entitas induk masih memiliki kas sebesar Rp4,6 triliun untuk dapat menggunakan sebagian besar dari kas tersebut, perseroan memerlukan persetujuan dari kreditur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)