Jokowi Bakal Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bulan Depan

Senin, 28 Agustus 2023 - 19:08 WIB
loading...
Jokowi Bakal Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bulan Depan
Presiden Jokowi akan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung bulan depan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada 8 September 2023. Hal tersebut diungkapkan Luhut di Stasiun Dukuh Atas usai mendampingi Presiden Jokowi meresmikan LRT Jabodebek, Senin (28/8/2023).

"Nanti tanggal 8 September Presiden akan naik dengan salah satu perdana menteri," kata Luhut.



Adapun sebelum dijajal oleh Presiden pada 8 September 2023, Luhut mengatakan bahwa dirinya akan terlebih dahulu menaiki Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada 6 September 2023 untuk memastikan semua nya berjalan dengan lancar. "Nanti akan kami coba cek tanggal 6 mestinya semua oke," katanya.

Adapun Luhut mengatakan bahwa sejauh ini proyek kereta cepat pertama di Asia Tenggara tersebut masih berjalan sesuai rencana dan sudah hampir selesai.

Sementara, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan bahwa rencananya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan dioperasikan pada 1 Oktober 2023. Pihaknya terus memastikan seluruh aspek baik keselamatan maupun kenyamanan penumpang kereta cepat. "Sekali lagi kita harus uji, pastikan semua aspek terpenuhi sama seperti LRT," kata dia.



Lebih lanjut, sebelum dilakukan operasional secara komersil, Adita mengatakan bahwa akan ada pelaksanaan praoperasi kereta cepat untuk masyarakat yang direncanakan berlangsung akhir September 2023.

"Tentu nanti sekitar September. Kalau asumsinya kita Oktober mungkin minggu terakhir September itu bisa. Tapi sekali lagi, tergantung dari perkembangan uji dan kesiapan sarana dan prasarana," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)