Tips Pengusaha Sukses: Harus Bisa Beradaptasi di Setiap Kondisi

Senin, 28 Agustus 2023 - 20:43 WIB
loading...
Tips Pengusaha Sukses: Harus Bisa Beradaptasi di Setiap Kondisi
Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Umroh dan Haji SAPUHI Ihsan Fauzi Rahman dalam Podcast Aksi Nyata, yang disiarkan melalui channel YouTube Partai Perindo, Senin (28/8/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengusaha wajib memiliki kemampuan beradaptasi dalam setiap kondisi sebagai syarat sukses menjalankan usaha. Pengusaha sekaligus Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Umroh dan Haji SAPUHI Ihsan Fauzi Rahman membagikan kisahnya saat pandemi Covid-19. Dia dipaksa untuk survive saat pandemi Covid-19.

"Saya ingat 27 Februari 2020 itu diumumkan Pemerintah Saudi menutup menerima jamaah umrah ditangguhkan ada teman-teman kami di travel itu sudah terbang ke negara transit, tapi tidak bisa ke Saudi karena sudah di close. Sejak itu di close, kita nggak bisa jualan, terus nggak bisa beroperasi, jadi temen-temen travel termasuk saya itu Februari 2020 tidak ada aktivitas sama sekali," ungkap Ihsan dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Menjadi Pebisnis Sukses, Bahagia dan Bermakna yang disiarkan melalui channel YouTube Partai Perindo, Senin (28/8/2023).



Namun, karena usaha harus tetap berjalan, ia akhirnya memutar otak bagaimana bisnisnya tetap jalan. Selanjutnya, muncul ide untuk membuat online event organizer karena saat itu kegiatan masyarakat banyak yang dilakukan melalui daring.

"Saat pandemi itu saya beralih ke media online. Jadi kita menjadi event online organizer kita support untuk pengadaan event Zoom, baik Hybrid maupun full online," terangnya.

Belajar dari hal tersebut, menurutnya adaptasi untuk menghadapi berbagai kondisi merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha.

"Pebisnis harus jago jualan, mau tidak mau dalam segala kondisi terus dengan semua perubahan yang ada, mau tidak mau mesti dilatih, terus dilatih dalam artian kita sebagai pengusaha pasti ketemu stuck dan itu perlu skill baru, makin ke sini kita perlu latihan," ujarnya.



Ihsan menambahkan, selama ini banyak pengusaha yang hanya paham teori, namun tidak banyak yang melatih dirinya agar siap dalam setiap kondisi.

"Kalau tidak melatih dirinya untuk bisa melakukan itu, saya kira bakal jadi sulit. Maka faktor penting nya adalah keterampilan. Misalnya hari ini kita latihan untuk promosi di Google, besok kita promosi di Facebook seluas-luasnya itu mesti dilatih," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)