IDX Bengkulu Kolaborasi Gelar Webinar Merdeka Finansial Melalui Investasi Reksa Dana

Selasa, 29 Agustus 2023 - 17:02 WIB
loading...
IDX Bengkulu Kolaborasi Gelar Webinar Merdeka Finansial Melalui Investasi Reksa Dana
IDX Bengkulu kolaborasi bersama PT Berdikari Manajemen Investasi, MNC Asset Management dan MNC Sekuritas mengadakan webinar merdeka finansial, Selasa, 29 Agustus 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Merdeka finansial mungkin istilah yang sudah sering kita dengar di berbagai sumber informasi. Merdeka finansial dapat diartikan sebagai kondisi finansial seseorang yang sudah terbebas dari tuntutan finansial seperti hutang dalam bentuk apapun dan memiliki pendapatan pasif untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Kondisi merdeka finansial merupakan kondisi yang tidak mudah untuk diraih oleh seseorang, hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Merdeka finansial tidak dapat diraih secara instan, namun harus melalui beberapa tahapan untuk mencapai kondisi merdeka finansial.

Tahapan awal yang harus dilalui, yaitu memiliki penghasilan, kemudian tahap stabil di mana jumlah penghasilan sudah bisa untuk ditabung, memiliki asuransi kesehatan dan dana darurat untuk keadaan mendesak. Selain itu, tahap selanjutnya yaitu ketika seseorang berinvestasi dan imbal hasilnya setara dengan jumlah kebutuhan primer.



Tahap terakhir, yaitu tahap merdeka, di mana seseorang yang berinvestasi dan imbal hasilnya menjadi sumber pendapatan pasif untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder lainnya. Untuk mendukung kalangan masyarakat dalam mewujudkan merdeka finansial.

IDX Bengkulu kolaborasi bersama PT Berdikari Manajemen Investasi, PT MNC Asset Management dan PT MNC Sekuritas mengadakan webinar dengan tema “Merdeka Finansial Melalui Investasi Reksa dana” yang dilaksanakan pada Selasa, 29 Agustus 2023. Webinar tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat cara mencapai merdeka finansial melalui investasi reksa dana.

Hadir dalam webinar tersebut adalah Marina Rasyada selaku Head of IDX Bengkulu, Karma Siregar selaku Director of PT Berdikari Manajemen Investasi, Muhamad Sugiarto selaku Fixed Income Fund Manager PT MNC Asset Management dan Agustina Endah selaku Head of Mutual Fund PT MNC Sekuritas.

Webinar tersebut dibuka oleh Marina Rasyada sebagai moderator selama acara tersebut berlangsung. Karma Siregar selaku narasumber memberikan paparan materi terkait reksa dana konvensional. Selanjutnya, Muhamad Sugiarto memberikan materi seputar reksa dana syariah dan Agustina Endah memaparkan materi terkait cara membeli reksa dana melalui aplikasi Motion Trade.

Karma Siregar mengatakan, “Untuk memulai investasi pertama dapat dimulai dengan nominal yang kecil, sambil belajar dan jalanin supaya paham. Investasi itu harus untuk masa depan,” pungkas Karma.

Pada kesempatan ini Muhamad Sugiarto juga menjelaskan tentang reksa dana syariah, “Reksa dana syariah ini hadir untuk masyarakat yang memang ingin investasi berbasis syariah. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir lagi tentang maysir, gharar dan riba dalam reksa dana syariah,” ujar Sugiarto.



Kesadaran untuk berinvestasi sejak dini juga ditegaskan oleh Tina, “Tidak harus menunggu kaya untuk investasi, karena melalui reksa dana mulai dari Rp100.000 bahkan yang kurang dari itu juga bisa,” ucap Tina selaku Head of Mutual Fund PT MNC Sekuritas.

Adapun bagi nasabah yang ingin memulai investasi reksadana dengan minim risiko dapat memilih reksa dana pasar uang seperti MNC Dana Lancar dengan indikasi imbal hasil 4,41% p.a dan MNC Dana Syariah Barokah dengan indikasi imbal hasil 4,03% p.a. Bagi nasabah yang ingin membeli produk MNC Dana Lancar dan MNC Dana Syariah Barokah dapat melalui aplikasi MotionTrade yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)