Urutan Negara Anggota Baru BRICS dengan Ekonomi Terbesar, Simak Daftarnya

Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:37 WIB
loading...
Urutan Negara Anggota Baru BRICS dengan Ekonomi Terbesar, Simak Daftarnya
Beberapa anggota baru BRICS menjadi kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - BRICS semakin menarik perhatian ekonomi global. Kelompok ekonomi yang awalnya terdiri dari lima negara, yakni Brasil, Rusia, India, China , dan Afrika Selatan (South Africa), semakin memperluas keanggotaannya.

Seiring perkembangannya, BRICS muncul dengan membawa banyak program yang menyita perhatian dunia. Beberapa pengamat bahkan menganggap kehadiran mereka bisa menjadi saingan kelompok ekonomi negara Barat.

Terbaru, BRICS juga resmi mengumumkan enam negara yang akan menjadi anggota baru. Masing-masing adalah Argentina, Arab Saudi , Ethiopia, Iran, Mesir, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Terlepas dari para pendahulunya, negara anggota baru BRICS tersebut juga memiliki karakteristiknya sendiri. Beberapa di antaranya juga menjadi kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Mengutip data World Bank pada Rabu (30/8/2023), berikut urutan negara anggota baru BRICS dengan ekonomi terbesar berdasarkan nilai Produk Domestik Bruto (PDB).

Urutan Anggota BRICS Baru dengan Ekonomi Terbesar hingga Terkecil


1. Arab Saudi


Arab Saudi merupakan sebuah negara di kawasan Asia Barat. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Merah di barat, Yordania, Irak, dan Kuwait di utara, Qatar dan Uni Emirat Arab di timur, Oman di tenggara, serta Yaman di selatan.

Arab Saudi menjadi salah satu negara terbaru yang segera masuk keanggotaan BRICS. Nantinya, mereka bergabung dengan negara perintisnya seperti Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.



Melihat statusnya, Arab Saudi juga tercatat sebagai kekuatan ekonomi terbesar dengan PDB lebih dari USD1 triliun. Menurut data World Bank, mereka mencatatkan PDB USD1,1 triliun di tahun 2022.

Angka tersebut menempatkan Arab Saudi masuk jajaran anggota BRICS dengan ekonomi terbesar di antara negara lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)