Abdul Sobur Terpilih Jadi Ketua Umum HIMKI, Dorong Pertumbuhan Industri Mebel

Kamis, 31 Agustus 2023 - 19:03 WIB
loading...
Abdul Sobur Terpilih Jadi Ketua Umum HIMKI, Dorong Pertumbuhan Industri Mebel
Musyawarah Nasional ke-3 HIMKI menetapkan Abdul Sobur sebagai Ketua Umum HIMKI untuk masa jabatan 2023-2026. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Musyawarah Nasional ke-3 HIMKI menetapkan Abdul Sobur sebagai Ketua Umum HIMKI untuk masa jabatan 2023-2026. Tema MUNAS kali ini bertajuk "Perkuat Soliditas dan Integritas Organisasi Untuk Mendukung Akselerasi Pertumbuhan Industri Mebel dan Kerajinan Nasional" Musyawarah Nasional adalah perangkat kekuasaan tertinggi organisasi yang terdiri dari perwakilan dari DPD yang sah, untuk digunakan pada saat Musyawarah Nasional.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para peserta Munas yang mempercayakan saya memimpin HIMKI untuk tiga tahun ke depan. Perlu saya tegaskan di sini, bahwa Munas adalah sarana dan keputusan tertinggi yang dimiliki organisasi untuk menyusun Garis-garis Besar Program Kerja HIMKI ke depan," kata Ketua Umum HIMKI Abdul Sobur, Kamis (31/8/2023).



Munas HIMKI memilih 9 formatur yang memilih seorang ketua umum. Hal ini tercantum dalam Anggaran Rumah Tangga HIMKI mengenai Kekuasaan Tertinggi Organisasi. Munas adalah langkah paling strategis sebab di sinilah kita mengeluarkan sejumlah rekomendasi kebijakan yang akan diberikan ke pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan industri mebel dan kerajinan pada masa-masa yang akan datang. Apalagi pamerintah bersama-sama HIMKI telah menargetkan nilai ekspor sebesar USD5 miliar.

"Untuk itu kami perlu melakukan kerjasama secara sinergis, terutama pada saat ini dimana kondisi global tidak sedang baik-baik saja. Di sisi lain, para pesaing kita seperti Vietnam dan Malaysia juga semakin bergerak meninggalkan posisi kita dari sisi ekspor," ujar dia.

Sementara, pengurus HIMKI, Anggota Tim Formatur Munas Maskur Zainuri mengatakan ini sangat penting sebab merupakan sarana untuk mensolidkan semua komponen yang ada di HIMKI dimana sekarang sudah ada 16 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HIMKI, dan nada tambahan 2 DPD seluruh Indonesia dalam waktu dekat ini. Ketua DPD HIMKI Jepara Raya Antonius Suhandoyo mengatakan di Munas ini kita mengkonsolidasikan seluruh unsur yang ada di organisasi.

"Kami yang masih muda tentu masih membutuhkan arahan dan bimbingan para senior. Jadi jangan dilepas dulu. Kami bersyukur Bapak Sobur yang bersedia memimpin kembali HIMKI. Dengan contoh dari Bapak Sobur kami yang muda-muda ini mudah untuk mencontohnya," kata dia.

Anton Dwinanto, Ketua DPD HIMKI Bandung dan Priangan mengatakan Munas ini juga ditegaskan mengenai komitmen HIMKI yang akan terus meningkatkan desain. Beberapa negara besar, seperti Italia memprioritaskan masalah ini.

"Secara SDM para desainer yang ada di HIMKI cukup banyak dan untuk ke depan akan kami tularkan ke para anggota yang membutuhkan. Kami juga bekerjasama dengan asosiasi-asosiasi desain. Pada sisi ini asosiasi-asosiasi desain juga ingin mengaplikasikannya kepada kami," jelasnya.



Ketua DPD HIMKI Semarang Raya A. Kuswidiarso mengungkapkan untuk dapat bersaing di pasar global, kami ingin menegaskan perlunya restrukturisasi permesinan untuk industri mebel dan kerajinan dimana saat ini sudah merupakan suatu keharusan. Dengan mesin-mesin terbaru inilah yang sangat membantu dalam produksi.

"Sekarang harga-harga mesin juga sudah terjangkau. Untuk yang UKM-UKM kami sangat membutuhkan bantuan pemerintah dan bantuan selama ini dari pemerintah sudah membantu industri mebel dan kerajinan," ungkap dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)