Membaca Arah Dedolarisasi Saat 6 Produsen Minyak Terbesar Dunia Ada di BRICS

Jum'at, 01 September 2023 - 07:13 WIB
loading...
Membaca Arah Dedolarisasi Saat 6 Produsen Minyak Terbesar Dunia Ada di BRICS
Setelah pengumuman ekspansi BRICS yang telah lama ditunggu, kini tercatat ada enam produsen minyak terbesar di dunia yang tergabung. Apakah kehadirannya bisa memuluskan upaya dedolarisasi atau sebaliknya?. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Setelah pengumuman ekspansi BRICS yang telah lama ditunggu, kini tercatat ada enam produsen minyak terbesar di dunia yang tergabung dalam kelompok negara-negara berkembang tersebut. Di antara sembilan produsen raksasa minyak global, Arab Saudi, Rusia, China, Brasil, Iran, dan Uni Emirat Arab (UEA) adalah anggota aliansi BRICS.



Kehadiran produsen minyak di blok tersebut sangat penting bagi kebijakan ekonominya. Saat ini lebih dari 90% penjualan minyak terjadi dalam dolar Amerika Serikat (USD). Namun, karena blok tersebut berupaya mempromosikan mata uang lokal, BRICS dapat memanfaatkan produksi minyak massalnya sebagai kolektif untuk mendorong upaya ini ke depan.

Aliansi ekonomi BRICS baru saja menggelar salah satu pertemuan puncak terpenting minggu ini. Di sana secara kolektif, dibahas perkembangan penting seperti potensi ekspansi dan pengembangan kebijakan yang mempromosikan mata uang lokal untuk perdagangan internasional. Selanjutnya, blok tersebut mungkin telah membahas keduanya dalam satu gerakan.



Setelah pengumuman ekspansi, enam produsen minyak terbesar di dunia sekarang menjadi anggota BRICS. Dari sembilan ekonomi terbesar di dunia, Arab Saudi, Rusia, China, Brasil, Iran, dan UEA termasuk dalam aliansi ekonomi. Selain itu, kehadiran mereka tentunya memiliki konsekuensi geopolitik yang besar.

Blok tersebut telah lama menyatakan keinginannya untuk menjauh dari dolar AS untuk perdagangan internasional. Dengan 90% penjualan minyak saat ini terjadi dalam greenback, negara-negara ini harus mulai mengubah narasi itu. Secara khusus, Arab Saudi, yang tetap menjadi salah satu dealer minyak terbesar di planet ini dan kedua secara global.

Data menunjukkan bahwa Arab Saudi, Rusia, dan China masing-masing mempertahankan pangsa 12%, 11%, dan 6% dari total dunia. Selain itu, Iran dan UEA masing-masing mempertahankan pangsa 4% dari total minyak global.

Sementara itu dengan China, India, Rusia, Arab Saudi, dan Brasil di antara 10 konsumen minyak teratas, mereka harus dapat meningkatkan perdagangan sepihak dengan mata uang lokal. Faktanya akan sulit untuk memisahkan aktivitas ekonomi blok dari ketergantungan dolar AS, meski bukan tidak mungkin.

Di sisi lain seorang politisi top India mengatakan, Dolar AS tidak akan kehilangan posisinya sebagai mata uang utama dunia dalam waktu dekat, meskipun ada upaya negara-negara BRICS untuk melemahkannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)