Erick Thohir Ajak Ngobrol Lagi Eks Nasabah Jiwasraya yang Tolak Skema Restrukturisasi

Senin, 04 September 2023 - 20:26 WIB
loading...
Erick Thohir Ajak Ngobrol Lagi Eks Nasabah Jiwasraya yang Tolak Skema Restrukturisasi
Masih ada nasabah Jiwasraya yang menolak skema resktrukturisasi dari Kementerian BUMN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ada perbedaan sikap eks nasabah PT Jiwasraya (Persero) terhadap skema restrukturisasi yang disodorkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebanyak 99% persen menerima, dan sisanya 1% menolak.



Skema restrukturisasi yang dimaksud berupa pengalihan eks pemegang polis Jiwasraya ke PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), anak usaha Indonesia Financial Group (IFG). Dalam tahap penyelamatan ini, IFG Life melakukan bail-in dan transfer terhadap polis Jiwasraya.

Artinya, IFG Life menjadi penanggung jawab baru atas perkara yang menimpa eks nasabah akibat dari mega-korupsi di internal perusahaan.

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan, pihaknya akan kembali melakukan negosiasi dengan 1% eks pemegang polis BUMN asuransi tersebut.

"Ya kan semuanya proses, kalau 99% terima, 1% kita ngobrol lagi," ujar Erick saat ditemui di Menara BRILiaN, Jakarta Selatan, Senin (4/9/2023).

Eks nasabah Jiwasraya yang menolak program restrukturisasi memang meminta dana miliknya bisa dikembalikan utuh, tanpa potongan sepeserpun. Mereka yang menolak mengelompokkan diri melalui Konsolidasi Nasional (Konsolnas) Nasabah Korban Jiwasraya.

Pemerintah sendiri akan mencairkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp3 triliun yang dialokasikan untuk pengalihan eks pemegang polis ke IFG Life. Dana segar itu akan dicairkan pada akhir tahun ini.

Sementara, aset eks pemegang polis yang belum dipindahkan ke IFG Life mencapai Rp7,5 triliun. Jumlah tersebut merupakan sisa dari restrukturisasi pemegang polis yang dilakukan sejak 2021 lalu.



Untuk menutupi jumlah aset eks pemegang polis, Kementerian BUMN mengusulkan agar cadangan investasi dalam APBN senilai Rp5 triliun, sebagiannya dialokasikan menjadi PMN. Pemegang saham pun mengajukan permohonan supaya dana Rp3 triliun dari total cadangan investasi sebesar Rp5 triliun digunakan sebagai PMN Jiwasraya tahun ini.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)