Sinar Mas Dukung Transformasi Digital ASEAN-BAC

Senin, 04 September 2023 - 21:37 WIB
loading...
A A A
"Kemitraan dalam ASEAN-BAC ini kami harapkan membuka jalan yang lebih luas bagi sektor usaha kecil di Indonesia mampu menikmati sekaligus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi kawasan, dalam hal ini Asia Tenggara," kata Ferry.

Sementara itu, Ketua ASEAN-BAC yang adalah Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid, sebelumnya memaparkan bahwa ASEAN-BAC melalui lima isu prioritas dan delapan legacy project telah berhasil menggapai beberapa pencapaian dalam isu transformasi digital.

Salah satunya yakni system ASEAN QR Code yang hingga saat ini sudah berhasil terhubung dengan beberapa negara seperti Indonesia dengan Singapura, Thailand, dan Malaysia. Begitu juga Vietnam dengan Thailand serta Thailand dengan Kamboja yang juga sudah saling terhubung.

Bentuk transformasi digital ini tentu mampu mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terus bertumbuh, hingga bukan tak mungkin turut bersaing secara global dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital. Lebih dari itu, transformasi digital lain dalam legacy project yakni Wiki Entrepreneur dan Marketplace Lending Platform, juga telah berhasil mendukung UMKM mengakses informasi dan pembiayaan yang tepat untuk peningkatan kapasitas pertumbuhan usahanya.



Untuk diketahui ASEAN-BAC merupakan wadah bagi pebisnis dari seluruh negara anggota ASEAN untuk membantu mewujudkan Sentralitas ASEAN sebagai visi utama kawasan ini. Sebagai pemimpin ASEAN-BAC 2023, Kadin Indonesia memiliki tujuan yang jelas, yakni mempercepat transformasi kawasan melalui inovasi dan inklusivitas.

Mengusung tema 'ASEAN Centrality: Innovating towards Greater Inclusivity' Kadin Indonesia berfokus pada tiga nilai inti yakni sentralitas, inovasi, serta inklusivitas dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, melalui lima prioritas utama, yaitu transformasi digital, pembangunan berkelanjutan, ketahanan kesehatan, fasilitasi perdagangan, dan ketahanan pangan.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)