3 Jalan Tol Legendaris di Indonesia, Paling Tua Beroperasi Sejak 1978

Selasa, 05 September 2023 - 17:55 WIB
loading...
3 Jalan Tol Legendaris di Indonesia, Paling Tua Beroperasi Sejak 1978
Jalan Tol Jagorawi menjadi jalan tol tertua di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Jalan tol punya banyak fungsi penting. Jalan tol , bukan sekadar penghubung antar-daerah, tapi juga menjadi penunjang pertumbuhan ekonomi.



Fungsi-fungsi itulah yang belakangan ini membuat masifnya pembangunan jalan tol baru. Pembangunan jalan tol sendiri sudah dilakukan sejak tahun 70-an dan mulai beroperasi tahun 1978.

Mengutip laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (5/9/2023), berikut tiga jalan tol legendaris dan tertua di Indonesia:

1. Jagorawi
Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi atau yang dikenal Tol Jagorawi sepanjang 59 Km merupakan Jalan tol pertama dan tertua di Indonesia. Tol ini telah beroperasi sejak tahun 1978 dan masih beroperasi sampai saat ini.

Jalan Tol Jagorawi telah tersambung dengan banyak ruas tol lainnya, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, Jalan Tol Bogor Ring Road, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jalan Tol Cinere-Jagorawi, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi.

2. Jalan Tol Semarang ABC
Jalan Tol Semarang ABC sepanjang 24,75 km dioperasikan sejak tahun 1983 dan merupakan Jalan Tol kedua yang beroperasi di Indonesia setelah Jalan Tol Jagorawi.

Jalan tol ini merupakan bagian dari jalan Tol Trans Jawa yang tersambung langsung dengan Tol Semarang-Solo di ujung selatan dan Tol Semarang-Batang di ujung barat.



3. Jalan Tol Jakarta-Tangerang
Jalan Tol Jakarta-Tangerang dengan panjang mencapai 33 Km diresmikan pada tahun 1984 dan menjadi ruas tol tertua ke tiga yang ada di Indonesia. Saat ini, ruas Tol Jakarta-Tangerang menjadi penghubung bagi beberapa ruas tol lain yang ada di Jakarta dan Banten, seperti ruas Tol Tangerang-Merak, ruas Tol Dalam Kota Jakarta, Tol Lingkar Luar Jakarta 1, dan Tol Lingkar Luar Jakarta 2.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)