Luhut dan Menhub Tiba di Stasiun Halim untuk Dampingi PM China Jajal KCJB

Rabu, 06 September 2023 - 16:08 WIB
loading...
Luhut dan Menhub Tiba di Stasiun Halim untuk Dampingi PM China Jajal KCJB
Luhut bersama Menhub akan mendampingi PM China menjajal kereta cepat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah tiba di Stasiun Halim, Jakarta, Rabu (6/9/2023). Keduanya mendampingi Perdana Menteri (PM) China Li Qiang untuk menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung ( KCJB ).



Rencananya mereka akan menaiki KCJB dari Stasiun Halim menuju Stasiun Karawang dan kembali ke Staisun Halim.

Berdasarkan pantauan MNC, Luhut dan Menhub tiba di Stasiun Halim pukul 15.11 WIB. Luhut menggunakan mobil berwarna hitam dengan pelat nomor RI 17, sedangkan Menhub menggunakan mobil listrik berwarna putih dengan pelat nomor RI 35.

Selanjutnya, pada pukul 15.16 WIB PJ Gubernur DKI Jakarta tiba si Stasiun Halim, hingga pukul 15.39 PM China belum tiba di Stasiun. Di Stasiun Halim sendiri telah bersiap sejumlah orang yang berbaris sambil mengibarkan bendera kedua negara.

Sebelumnya, Luhut mengatakan bahwa uji coba kali ini tidak sampai Stasiun Tegalluar yang merupakan titik akhir dari KCJB lantaran keterbatasan waktu yang dimiliki oleh PM China.
"Karena waktu mungkin kita enggak sampe ke Tegalluar, waktu PM China juga," kata Luhut.

Luhut menegaskan bahwa KCJB akan meningkatkan konektivitas di Indonesia. Ia juga menyebutkan bahwa proyek ini menjadi bukti nyata kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

PT KCIC merupakan perusahaan patungan antara konsorsium BUMN melalui PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan konsorsium perusahaan perkeretaapian China (Beijing Yawan HSR Co.Ltd), dengan bisnis utama di sektor transportasi publik dengan skema business to business (B2B).



"Ini juga bukti nyata kerja sama berkualitas tinggi yang modern antara kedua negara,” katanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)