Erick Thohir Bawa BUMN Naik Level Jadi Perusahaan Global

Jum'at, 08 September 2023 - 17:58 WIB
loading...
Erick Thohir Bawa BUMN Naik Level Jadi Perusahaan Global
Kepemimpinan Erick Thohir dinilai telah membawa BUMN (Badan Usaha Milik Negara) semakin memiliki taji di dunia internasional. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepemimpinan Erick Thohir dinilai telah membawa BUMN (Badan Usaha Milik Negara) semakin memiliki taji di dunia internasional. Erick Thohir membawa BUMN berani meluaskan layanan ke kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik.



Pengamat ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda menilai langkah Erick Thohir langkah berani untuk menguatkan posisi BUMN di tingkat global. Dia menyebut BUMN harus dapat bertransformasi secara global dan mengawalinya di tingkat ASEAN.

“Langkah BUMN untuk berpartisipasi aktif di kancah Global, saya rasa tepat jika diawali di level regional kawasan ASEAN dan pacific,” kata Nailul.

Langkah konkret Erick Thohir membawa sejumlah perusahaan BUMN dari berbagai sektor untuk diperkenalkan melalui ASEAN dan Indo-Pasific Forum (AIPF) 2023 . Adapun terdapat delapan BUMN yang dibawa Erick Thohir di AIPF 2024 yakni BRI, Pertamina, PLN, Bank Mandiri, BNI, MIND ID, Telkom Indonesia, dan InJourney.



Dia menyebut, langkah Erick Thohir sebagai terobosan yang bagus. Selama ini BUMN memang kesulitan untuk menembus pasar internasional karena menghadapi berbagai kendala seperti pencekalan.

“Adanya kerja sama ini saya harap tidak ada lagi BUMN-BUMN yang dicekal untuk ekspansi ke luar negeri,” ucapnya.

Dia mencontohkan, bank-bank BUMN yang selama ini kesulitan menembus pasar internasional. Namun, dengan langkah konkret Erick Thohir tersebut nantinya akan semakin mempermudah BUMN dalam meningkatkan diri.

“Contohnya saja Bank BUMN kita yang setengah mati mau ekspansi ke luar negeri, tapi bank asing bisa masuk ke dalam negeri meskipun dengan persyaratan tertentu,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)