Wall Street Berakhir Naik Tipis Jelang Data Inflasi AS

Sabtu, 09 September 2023 - 07:47 WIB
loading...
Wall Street Berakhir Naik Tipis Jelang Data Inflasi AS
Wall Street berakhir naik tipis pada perdagangan Jumat (8/9/2023) waktu setempat ketika investor khawatir terhadap arah suku bunga dan jelang rilis data inflasi AS. Foto/Dok
A A A
NEW YORK - Wall Street berakhir naik tipis pada perdagangan Jumat (8/9/2023) waktu setempat ketika investor khawatir terhadap arah suku bunga. Selain itu data inflasi AS juga menjadi perhatian utama para pelaku pasar.



Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 75,86 poin atau 0,22% menjadi 34.576,59. Sedangkan indeks S&P 500 (.SPX) bertambah 6,35 poin atau 0,14% ke posisi 4.457,49 dan Nasdaq Composite (.IXIC) meningkat 12,69 poin atau 0,09% menjadi 13.761,53.

Investor khawatir terhadap kenaikan harga minyak menjelang Indeks Harga Konsumen (CPI) untuk bulan Agustus, yang akan dirilis pada 13 September, mencari sinyal mengenai kemungkinan pergerakan suku bunga Federal Reserve atau The Fed.



Sementara para pedagang bertaruh pada kemungkinan 93% bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga pada tingkat saat ini setelah pertemuan berikutnya berakhir pada 20 September. Mereka memperkirakan peluang sebesar 53,5% untuk jeda lagi pada pertemuan bulan November, menurut FedWatch dari grup CME. Alat.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun lebih rendah, dan kenaikan imbal hasil Treasury AS bertenor 2 tahun pada hari Jumat tampaknya memberikan tekanan pada saham. David Lefkowitz, kepala Ekuitas AS di UBS Global Wealth Management, mencatat investor semakin khawatir terhadap kenaikan suku bunga sejak awal Agustus.

"Kondisinya telah berubah dalam beberapa pekan terakhir karena kenaikan suku bunga. Masyarakat mempertanyakan apakah ini merupakan risiko terhadap pertumbuhan ekonomi. Apakah suku bunga yang lebih tinggi akan menyebabkan perlambatan sehubungan dengan berkurangnya kelebihan tabungan konsumen," kata Lefkowitz, yang juga menyebutkan kekhawatiran tentang tingginya valuasi ekuitas.

Untuk minggu ini, yang dipersingkat karena libur Hari Buruh pada hari Senin, S&P 500 turun 1,3%, sedangkan Nasdaq kehilangan 1,9% dengan keduanya menghentikan kenaikan dua minggunya. Dow turun 0,8%.

Apple (AAPL.O) berhasil memperoleh kenaikan kecil sebesar 0,3% pada hari Jumat, meskipun penutupannya di USD178,18 berada sekitar USD2 di bawah sesi tertingginya karena reli kehilangan tenaga. Produsen iPhone ini turun tajam dalam dua sesi sebelumnya, menekan sektor teknologi yang lebih luas di tengah berita bahwa Beijing telah melarang pegawai pemerintah pusat menggunakan iPhone di tempat kerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)